Dana Cair, Sampah Tak Lagi Menumpuk


Selasa, 26 April 2016 - 02:40:47 WIB

PEKANBARU, HALUAN—Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekan­baru, Edwin Supradana mengatakan, kasus menumpuknya sampah yang terjadi waktu lalu di beberapa ruas jalan di Pekanbaru tidak akan terjadi lagi. Pasalnya antara DKP dan PT Multi Inti Guna (MIG), sudah komitmen untuk mempercepat pencairan dana operasional pengangkutan sampah tiap bulannya.

“Kemarin itu lambat karena kita harus memverifikasi lembaran print out peng­angkutan sampah untuk empat bulan, bisa dibayangkan untuk satu bulannya ada 3.600 lembar. Jumlah itulah yang harus dicek satu persatu dengan kurun waktu selama dua minggu, jadi wajar saja lambat kan, itulah kejadiannya. Tapi kalau proses pencairan dana cepat, tentu para buruh pengangkut sampah PT MIG bisa cepat juga menerima honor dari hasil kerjaannya,” kata Kadis DKP.

Edwin menekankan, pihaknya memang harus ekstra hati- hati dalam mencairkan dana kerjasama pengangkutan sampah, menghindari terjadinya kesalahan bayar. Untuk itu, sebelum dana dicairkan perlu dilakukan verifikasi oleh

DKP Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), setelah diketahui tak ada masalah, baru dilanjutkan permin­taan ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Pekan depan diperkirakan untuk pancairan dana Maret sudah dapat diajukan permintaan ke BPKAD, sekarang sudah dalam tahap verifikasi oleh pihak BPKP,” kata Edwin.

Sementara itu, Asisten Operasional Manager PT.MIG, Wawan dikonfirmasi terkait permasalahan mengatakan sangat mengapresiasi komitmen yang telah dila­kukan. Menurut Dia, karena proyek peng­angkutan sampah di Pekanbaru perdana, tentu masih banyak menghadapi kendala, namun selagi masih ada itikad baik dari semua pihak dan tidak saling menyalahkan persoalan akan bisa diselesaikan segera.

“Dalam evaluasi yang kita lakukan bersama kemarin, semua pihak terkait saling introspeksi dan merekonsiliasi serta saling mendukung, artinya kedua belah pihak antara DKP dan PT.MIG saling support dan bersinergi. Sehingga semua yang dilakukan bisa sesuai kontrak kerja, karena ini untuk ketertiban dan kebersihan warga Kota Pekanbaru,” kata Wawan. (her)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 21:58:50 WIB

    Palanta Abo Siap Kembalikan Kejayaan Wisata Pinggiran Danau Maninjau

    Palanta Abo Siap Kembalikan Kejayaan Wisata Pinggiran Danau Maninjau LUBUKBASUNG, HARIANHALUAN.COM - Dengan menghadirkan kuliner masa dulu yang mulai susah dinikmati, serta semangat mengembalikan kejayaan wisata pinggiran Danau Maninjau, kini hadir warung kopi bertaraf internasional "Palanta A.
  • Ahad, 27 Oktober 2019 - 19:37:28 WIB

    'Bali Baru' Akan Sedot Rp10,1 Triliun, Jatah Danau Toba Paling Besar

    'Bali Baru' Akan Sedot Rp10,1 Triliun, Jatah Danau Toba Paling Besar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengutarakan pengembangan destinasi wisata Bali Baru memakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp10,1 trili.
  • Kamis, 12 September 2019 - 22:06:21 WIB

    Kadispar Sumbar: Rute Tour de Singkarak 2019 Tetap Melewati Danau Singkarak

    Kadispar Sumbar: Rute Tour de Singkarak 2019 Tetap Melewati Danau Singkarak PADANG, HARIANHALUAN.COM — Polemik terkait pencabutan rute yang melewati Danau Singkarak pada pagelaran balap sepeda tahunan, Tour de Singkarak (TdS) terus bergulir. Mencoba menguraikan kesimpangsiuran informasi, Kepala Din.
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:04:16 WIB

    Sidang Perdana SP3 Perusahaan Riau Libatkan 10 Pengacara

    PEKANBARU, HALUAN — Sidang perdana Praperadilan gugatan atas terbitnya SP-3 (Surat Perintah Peng­hentian Penyidikan) terhadap 15 peru­sahaan yang diduga terjadi kebakaran lahan di Provinsi Riau, resmi digelar di Pengadila.
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 03:22:17 WIB

    Penggunaan Dana ADD Harus Transparan

    SELATPANJANG, HALUAN — Kebijakan dalam penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) harus dilakukan secara transparan. Soalnya, penggunaan anggaran ini akan menimbulkan penyalahgunaan oleh oknum kepala desa..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]