Warga Meranti Kesulitan Air Bersih


Selasa, 26 April 2016 - 02:41:06 WIB

MERANTI HALUAN—Mu­sim kemarau yang masih terus berlanjut di Kepulauan Me­ranti, khususnya di Selat­panjang, kian memperparah kesulitan masyarakat men­dapatkan air bersih.

Untuk kebutuhan air mi­num, bisa terbantu dengan maraknya penjualan air galon isi ulang. Sehingga secara umum kebutuhan air minum di rumah tangga masih bisa tertutupi, walaupun dengan menambah biaya pengeluaran rumah tangga.

Yang menjadi persoalan setiap harinya justru ke­bu­tuhan air bersih untuk cuci dan mandi. Sebab persediaan air hujan masyarakat sudah lama kering. Jangankan air hujan, air dalam tanah pun sudah lama kering.

“Jika hujan tidak turun 2 minggu saja, maka air di tem­pat kami tidak ada lagi,” ujar Misnah ibu rumahtangga, warga Kelurahan Selatpan­jang Timur, kepada Haluan Riau Jumat kemarin.

Ibu ini mengaku musim kemarau kali ini cukup pan­jang. Menurutnya, keluarga terpaksa  menambah penge­luaran setiap harinya untuk kebutuhan air bersih. Diakui lagi, air bersih yang dijual oleh perusahaan juga dinilai cukup mahal. Untuk satu tangki merek pinguin itu dijual se­harga Rp.130.000. Pada hal paling hemat sampai  4 hari air pemakian untuk satu ke­luarga kecil seperti kami.

Karena mencuci pakaian dan kebutuhan mandi peng­gunaan air yang cukup banyak dalam rumah tangga. Itu ber­arti setiap hari kami harus mengeluarkan biaya untuk beli air bersih sebesar Rp.32.­500. Jika dikali 30 maka dihi­tung-hitung sudah hampir Rp.1 juta.

Pembelian air bersih untuk keperluan rumah tangga yang sangat besar. Belum lagi un­tuk biaya hidup lainnya yang serba mahal saat ini,”aku ibu ini resah.

Ibu ini berharap, perso­alan air bersih di Kepulauan Meranti itu hendaknya menja­di prioritas utama yang mesti dituntaskan pemerintahan saat ini.

Sebab air bersih salah satu kebutuhan mutlak bagi setiap mahluk hidup. “Buat apa bangun kantor dengan gedung mewah, tapi kebutuhan men­dasar seperti  air bersih masih saja belum teratasi,” kata dia penuh harap. (hr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]