Juli, PLTU Tenayan Raya Difungsikan


Selasa, 26 April 2016 - 02:41:48 WIB
Juli, PLTU Tenayan Raya Difungsikan Hingga saat ini proses pengerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang berada di Tenayan Raya, kini sudah mencapai 95 persen. Ditargetkan, Juli mendatang kedua unit pembangkit sudah selesai dan sudah bisa berfungsi dengan baik, dengan kekuatan 2x110 yang bisa memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera.

PEKANBARU, HALUAN—Hingga saat ini proses pengerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang berada di Tenayan Raya, kini sudah mencapai 95 persen. Proses pengerjaan tersebut sudah masuk ke tahap steam blowing finish, yang merupakan proses pembersihan pipa dari kotoran debu, guna mendapatkan hasil yang sesuai dengan standar untuk kedua unit.

Ditargetkan, Juli men­datang kedua unit pembangkit sudah selesai dan sudah bisa berfungsi dengan baik, dengan kekuatan 2x110 yang bisa memperkuat sistem kelis­trikan di Sumatera.

Hal ini diungkapkan Ma­na­ger Unit Pelaksana Kon­truksi PLTU Tenayan Raya, Sugiharto saat melakukan peninjauan progres pe­nger­jaan PLTU Tenayan Raya, Sabtu (23/4) kemarin ke lokasi PLTU Tenayan Raya.

Dijelaskan Sugiharto yang juga didampingi Manager Umum & SDM PLN Riau Kepri Dwi Suryo Abdullah, direncanakan di Mei nanti, PLTU Tenayan akan mela­kukan uji coba sinkronisasi ke jaringan walaupun daya yang masuk ke jaringan masih be­lum akan dijual. “Pada sink­ron test, jika terjadi trouble dan harus dimatikan mesin­nya, maka, masih bisa dila­kukan pemutusan data ke jaringan,” terang Sugiharto.

Untuk tahapan sinkron ini direncanakan dilakukan per­tengahan Mei. “Karena se­telah tahapan steam blow ini kita masih akan membongkar pipa-pipa steam blow dan kita masih akan melakukan pe­masangan permanen pipa sehingga membutuhkan wak­tu 7-10 hari untuk selanjutnya memasuki tahap load rejec­tion,” jelasnya.

Begitupula di Juni, ditam­bahkannya, PLTU Tenayan akan melakukan reability test. Yaitu sudah mulai uji coba dengan masuknya daya 80 persen dari optimal capacity ke jaringan selama 30 hari tanpa terputus.

“Jika reability test sukses dilakukan, selanjutnya akan dilakukan Performance test yang akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang. Perfor­mance test atau komersil test dilakukan untuk mengetes dan menguji dengan kekuatan penuh sebesar 110 MW pada kondisi maksimum,” terang­nya.

“Pada bagian ini, daya sudah akan dipasok dan sudah akan dijual kepada pelanggan PLN. Diharapkan dengan penambahan dua unit ini bisa membantu penguatan daya khususnya di Sumatera, agar tidak ada lagi terjadi defisit listrik,”

Disinggung mengenai be­sa­ran daya yang bisa dirasakan masyarakat diawal penyaluran daya oleh PLTU, Sugiharto mengatakan untuk percobaan tahap awal (tahap sinkron) daya yang diberikan mulai dari 30 persen sampai 80 persen, namun jika me­mung­kinkan akan mencapi 100 persen.

“Namun ini semua ter­gantung kondisi sistem. Ar­tinya kita perlu setting-seting dari sisi pengaman maupun dari sistem pembangkit itu sendiri sehingga kita bisa mencapai tahap 100 persen.

Nah, kalau sudah bisa mencapai 100 persen ini akan kita shut down lagi untuk mempersiapkan tahapan se­lanjutnya yakni tahap Load Rejection. Tahapan ini adalah pemberian beban mulai dari 50 persen hingga 100 persen. Itu akan kita lepas secara tiba-tiba, kalau sudah berhasil baru kita akan memasuki tahapan selanjutnya,” terangnya.

Di kesempatan yang sama Dwi juga menjelaskan pi­haknya masih menunggu ke­sia­pan dari pembangkit PLTU Tenaya Raya. Hal ini guna mendapat dukungan daya, sehingga menutupi terhadap kekurangan atau defisit listrik yang terjadi.

Dijelaskannya, keber­ada­an PLTU Tenayan Raya terse­but diharapkan bisa memban­tu mengalirkan listrik melalui sistem150 KV di Teluk Lem­bu.

“Dengan beroperasinya kedua unit dengan kekuatan 2x110 tersebut bisa menambah kekuatan daya 150 KV, yang saat ini sedang mengalami defisit karena adanya pembangkit yang mengalami gangguan,” paparnya. (hr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]