Pasar Talawi akan Direvitalisasi


Selasa, 26 April 2016 - 02:45:00 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) mengucurkan dana segar sebanyak Rp950 juta, untuk mere­vitalisasi bangunan Pasar Talawi Sawah­lunto, melalui program revitalisasi pasar tradisional tahun 2016 ini.

“Setidaknya 40 unit lapak dan 18 kios, akan diperbaiki melalui program yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemenkop dan UKM RI pada APBN 2016,” ungkap Kepala Dinas Per­tam­bangan, Industri Perdagangan Koperasi dan Tenaga Kerja (Perin­dagkopnaker) Sawahlunto Deswanda kepada Haluan.

Kondisi pasar yang dibangan pada 1970 an itu sebut Deswanda, dinilai sudah tidak layak pakai dengan struktur tekhnis bangu­nan semi permanen. Dengan umur yang tergolong tua dikhawatirkan tidak aman lagi untuk transaksi jual beli dikarenakan ada beberapa tiang penyangga kios yang kero­pos.

Kegiatan revitalisasi sendiri, diren­canakan berjalan pada Juni tahun ini, yang diharapkan dapat membantu pedagang dalam fasilitas jualan yang representatif, aman dan nyaman bagi pengunjung pasar.

“Sesuai dengan pengelolaan yang ada sekarang, setelah siap nantinya pembenahan dan perbaikan pasar tersebut, hak penge­lolaannya akan kembali ke pihak Koperasi Pasar (Koppas) Talawi, yang diperuntukan bagi para pedagang mikro yang ada selama ini,” terangnya.

Pihak Perindagkopnaker mencatat jumlah populasi pedagang di Pasar Talawi saat ini mencapai 539 pedagang, terdiri dari 232 pedagang kios dan 307 pedagang lapak.

Sementara itu, Revitalisasi yang dila­kukan mendapat apresiasi tinggi dari Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) setem­pat, DPRD Sawahlunto menilai upaya pemerintah pusat melalui Kemenkop dan UKM itu, dapat mendukung peningkatan pendapatan sector rill daerah.

Melalui Ketua Komisi III DPRD Sa­wahl­unto Deri Asta, diharapkan program tersebut dilaksanakan dengan sebaik mungkin, dengan mengutamakan perun­tukkan kios dan lapak bagi pedagang yang lama.

Pihaknya tidak ingin mendengar adanya transaksi sewa kios dan lapak oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, yang ujung ujungnya dapat memicu tingginya harga sewa ditingkat pedagang.(h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]