Silungkang Tigo Bangun 18 Sarana Fisik


Selasa, 26 April 2016 - 02:45:30 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Tidak kurang dari 18 sarana fisik akan dibangun di Desa Silungkang Tigo, Kecamatan Silungkang, dengan menggunakan Anggaran Pen­dapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2016.

Mulai dari pembuatan dam, riol hingga pengecoran jalan. Kegiatan pembuatan sarana fisik itu, belum dilaksanakan karena masih menunggu Surat Keputusan Walikota terkait penunjukan pengawasan dan reko­men­dasi untuk Dinas Pekerjaan Umum belum diterbitkan pemerintah Kota Sawah­lunto.

“Sesuai ketentuan dan aturan dalam penggunaan APBDes, 70 persen dialo­kasikan untuk pembangunan sarana fisik yang satu kegiatan dianggarkan Rp75 juta,” kata Ketua Badan Permusyawaratan Daerah (BPD) Desa Silungkang Tigo Rizal F Danil, Senin (25/4).

Selain itu, terang Bapak satu anak itu, Desa Silungkang Tigo juga melaksanakan kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dialihkan ke desa, seperti Dinas Pendidikan, Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (PMKB) dan Dinas Kesehatan.

Kegiatan itu, lanjutnya, berupa pem­buatan 15 unit jamban untuk keluarga miskin. Dimana setiap unit dianggarkan Rp5 juta,. Setiap dusun mendapatkan jatah 3 unit. Selain itu, pembayaran insentif guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pembayaran insentif Kader Posyandu.

Dari kegiatan yang selama ini menjadi program SKPD, desa hanya sebagai pem­bayar. Sesuai aturan dan ketentuan sumber pendapatan APBDes berasal dari Alokasi Dana Desa, Dana Desa pusat dan bagi hasil pajak.

Jadi, melalui alokasi dana desa yang bersumber dari APBD itu menjadi kewajiban desa menganggarkannya, “ujar Rizal F Danil.

Dikemukakan Rizal, dari Rp2,4 miliar APBDes Silungkang Tigo yang sudah mulai dicairkan, belanja modal dan belanja pegawai kecuali belanja pembangunan fisik.

Mudah-mudahan dengan segera keluar surat keputusan yang menjadi dasar penga­was bagi Pekerjaan Umum, maka kegiatan pembangunan saran fisik sudah dapat dimulai,” pungkasnya.(h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 18:23:20 WIB

    Peresmian Balai Adat Silungkang, Pemangku Adat Harus Ikuti Perkembangan Zaman

    Peresmian Balai Adat Silungkang, Pemangku Adat Harus Ikuti Perkembangan Zaman SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Pemangku adat dan niniak mamak harus mampu menyesuaikan kondisi terkini atau mengikuti modernisasi sehingga tidak tertinggal atau terlindas oleh perkembangan zaman itu sendiri..
  • Selasa, 07 Juni 2016 - 02:27:50 WIB

    24 Warga Dapat Pelatihan Tenun Songket Silungkang

    24 Warga Dapat Pelatihan Tenun Songket Silungkang SAWAHLUNTO, HALUAN — Bidang Perindustrian Dinas Pertambangan,Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan tenaga Kerja (Perindag­kop­naker) Sawahlunto kembali memberikan pelatihan tenun bagi masyara­katnya, kali ini 24 warga .
  • Selasa, 17 Mei 2016 - 03:21:24 WIB

    Konveksi Tas Aras Berpadu dengan Songket Silungkang

    Konveksi Tas Aras Berpadu dengan Songket Silungkang SAWAHLUNTO, HALUAN — Ketika usianya masih sepuluh tahun, bapak dua anak ini telah belajar dan bekerja di salah satu konveksi tas di Kota Bukittinggi. Kini pria kela­hiran 15 Juli 1980 itu, bersama rekannya Sudarmono, menco.
  • Selasa, 26 April 2016 - 02:44:30 WIB

    Songket Silungkang, Kartini dan Kartono

    Kerajinan tenun songket Silungkang terus mengalami perkembangan di tengah masyarakat Sawahlunto. Jika tiga tahun lalu jumlah pengerajin hanya dua ratusan, kini telah mendekati angka seribu pengerajin..
  • Selasa, 22 Maret 2016 - 03:41:33 WIB

    FP3S3 Wadahi Pelestarian Songket Silungkang

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Menjembatani upaya pelestarian kerajinan sonket Silungkang, yang meliputi peningkatan mutu hasil ke­rajinan, pengayaan motif, dan pemasarannya, masya­rakat Silungkang Kota Sa­wahlunto membentuk Fo­r.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]