RSUD Sawahlunto Bangun IPAL dan Insenerator


Selasa, 26 April 2016 - 02:45:48 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Keberadaan Rumah Sa­kit Umum Daerah (RSUD) Kota Sawalunto sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat, bah­kan ter­masuk Rumah sakit tertua di Su­ma­tera Bagian Tengah, saat ini perlu mela­kukan berbagai pem­­bena­han dalam mem­beri­kan pe­la­yanan yang maksimal bagi masyarakat yang me­butuh­kan pelayana kesehatan.

Salah satunya pe­ngo­lahan limbah yang diha­silkan dari proses pelayanan kesehatan itu sendiri, baik itu limbah cair maupun limbah baku, yang kese­muanya termasuk limbah Bahan Berbahaya dan Bera­cun (B3).

Tahun ini RSUD Sawah­lunto kembali akan mem­ba­ngun Instalasi Pengo­lahan Air Limbah (IPAL) serta pem­belian insenerator, meman­faatkan dana bantuan provinsi sebe­sar Rp2,25 miliar. “Saat ini kita memiliki 3 kolam IPAL Khusus dan I kolam IPAL Umum dan 2 Unit Insene­rator berkapasitas 1 kubik dan sete­ngah kubik, yang pemba­ngu­nannya sudah le­bih 8 tahun dan butuh pe­rbai­kan atau pemba­aruan,” kata Direktur RSUD Sa­wahlunto Herijhon.

Herijon yang didampingi Kabid penunjang dan rekam Medis Ja’afrizal kepada Ha­luan mengungkapkan, khusus untuk kolam IPAL saat ini masih dalam kondisi yang cu­kup baik, dari hasil penge­loahan limbah cair yang ada, buangannya masih di bawah baku mutu dan layak untuk dibuang ke per­aiaran umum seperti sungai, namun untuk insenerator yang berada di lokasi Tem­pat pembuangan Akhir (TPA) Sampah kayu Ga­dang, kondisinya juga relatif baik.

Kondisi tersebut dibe­nar­kan oleh Bidang Ling­kungan Hidup Badan Ling­kungan Hi­dup (BLH) Kota Sawahlunto.

“Kita melakukan peme­riksaaan dan pengujian pada semester pertama tahun 2016 ini didapat hasil limbah masih di bawah ambang baku mutu, namun untuk fisik IPAL terdapat sedikit kerusakan dalam bentuk retak retak yang dikawatirkan bisa jebol atau longsor,” kata Kasubid Pengawasan dan pemulihan Lingkungan Hidup Heantomas kepada Haluan.(h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]