Pengembangan Songket Silungkang

Menumbuhkan Kartini-kartini Produktif


Selasa, 26 April 2016 - 02:46:12 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Pengembangan kerajinan tenun songket Silungkang di Kota Sawahlunto, merupakan bagian dari upaya menghadirkan kartini-kartini produktif, di setiap rumah tangga dan keluarga di tengah masyarakat.

“Pengembangan kerajinan tenun songket Silungkang ini, juga bertujuan untuk mem­berdayakan setiap rumah tang­ga yang ada, untuk menja­di rumah tangga produktif. Memunculkan kartini-kartini rumah tangga,” ujar Ketua TP PKK Sawahlunto, Ny. Yenny Ali Yusuf kepada Haluan, Senin (25/4).

Peran pengerajin tenun songket Silungkang, terang Ibu tiga anak itu, didominasi kaum hawa, yang ikut mem­berikan sumbangsih di setiap keluarga, dan berujung pada meningkatnya kesejahteraan di setiap keluarga.

Menurut Yenny, peluang pasar songket Silungkang yang masih sangat besar, mem­berikan kesempatan pa­da setiap rumah tangga, untuk menjadi basis munculnya ke­ra­jinan yang telah ada se­menjak lebih dari seratusan tahun silam itu.

TP PKK Sawahlunto ber­sa­ma pemerintah, lanjutnya, terus berupaya mengem­bang­kan peluang pasar songket Silungkang, dengan meng­gandeng pengusaha mode berkelas nasional dan inter­nasional.

Terakhir, TP PKK Sawah­lunto berhasil memboyong puluhan pengusaha mode dari Kota Bandung Jawa Barat. Pengusaha yang didominasi kaum ibu itu, datang dan melihat langsung proses pembuatan kerajinan songket Silungkang.(h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]