Canang Badantiang Tampil di Inacraft 2016


Selasa, 26 April 2016 - 02:47:24 WIB
Canang Badantiang Tampil di  Inacraft 2016 Sanggar Canang Badantiang dalam Inacraft 2016. (HUMAS)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sanggar Canang Badan­tiang Sawahlunto berhasil tampil maksimal, dengan mempersembahkan tarian khas, dalam International Handicraft Trade Fair (Ina­craft) 2016, ajang promosi produk kerajinan berskala internasional, di Jakarta Convention Center, pekan lalu.

Tidak tanggung-tang­gung, sanggar yang baru genap berusia satu tahun, pada 25 April 2016 itu, mempersembangkan tiga tarian karya Yuliarni, pen­diri sanggar jebolan ISI Yogyakarta tahun 1993 itu.

Mulai dari tari Kemilau Songket Silungkang, yang menceritakan keane­ka­raga­man motif dan warna kera­jinan tenun songket Silung­kang, yang telah ada se­menjak lebih dari seratus tahun silam tersebut.

“Tari ini merupakan ben­tuk kebanggan kita terhadap keanekaragaman motif dan warna atas kekayaan kera­jinan tenun songket Silung­kang yang Sawahlunto mi­liki,” ujar Yuliarni kepada Haluan, Senin (25/4).

Tari selanjutnya Tari Ronggeng Sayuik, yang men­ce­ritakan tentang ke­ber­adaan penari ronggeng, ketika Sawahlunto masih berada dalam jajahan ko­lonial Belanda. Ketika itu, ronggeng merupakan ba­gian dari hiburan utama bagi para pekerja paksa.

Yuliarni sendiri menga­ku, mengangkat tari rong­geng dengan menge­depan­kan sejarah kota tujuan wisata tambang, sekaligus mendukung pengembangan sektor pariwisata melalui kesenian.

Selanjutnya, sanggar Ca­nang Badantiang mem­per­sem­bahkan tari Piriang In­dang Bajelo, yang meng­gambarkan ungkapan ke­gem­biraan permainan anak-anak nagari. Ketiga tari yang ditampilkan merupakan kar­ya wanita kelahiran 1 Juli 1968 tersebut.

Wanita yang akrab disa­pa Eli itu mengungkapkan, hingga saat ini telah me­miliki lebih dari 30 tari yang dibuatnya bersama teman-teman. “Melalui kesenian, kami ingin selalu mendukung pembangunan kota ini,” tambahnya.(h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 15:00:55 WIB

    Kejari Pariaman Canangkan Zona Integritas Menuju WBBM

    Kejari Pariaman Canangkan Zona Integritas Menuju WBBM PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kejaksaan Negeri Pariaman lakukan Penandatanganan Komitmen Bersama (Pakta Integritas), Pembangunan zona integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (.
  • Senin, 13 Mei 2019 - 00:03:10 WIB

    Wali Kota Sawahlunto Canangkan Pesantren Ramadan 

    Wali Kota  Sawahlunto Canangkan Pesantren Ramadan  SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto melibatkan 120 mubaliq dan 60 masjid dan musala yang ada di empat kecamatan dalam pelaksanaan pesantren Ramadan 1440 hijriah. Pesantren Ramadan diwajibkan kepada .
  • Rabu, 31 Januari 2018 - 22:32:16 WIB

    2018 Dicanangkan Tahun Peduli Indra Catri Resmikan Belasan Gedung Baru Pemkab Agam

    2018 Dicanangkan Tahun Peduli  Indra Catri Resmikan Belasan Gedung Baru Pemkab Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM- Bupati Agam H. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah mencanangkan 2018 sebagai tahun peduli, dan meresmikan 12 unit bangunan baru di Lingkungan Pemkab Agam, Rabu (31/1) Lubuk Basung. .
  • Sabtu, 22 April 2017 - 02:32:43 WIB
    PEMKAB TANAH DATAR

    Canangkan Program Maghrib Mengaji

    Canangkan Program Maghrib Mengaji TANAH DATAR, HALUAN - Pemerintah Tanah Datar, komit untuk menjadikan Tanah Datar, menjadi Kabupaten yang madani dengan mendekatkan masyarakatnya dengan Alquran. Program membumikan Alquran sangat serius dilakukankan Pemda, den.
  • Jumat, 03 Juni 2016 - 04:02:23 WIB

    Kampung Bombay Dicanangkan Jadi Kampung KB

    Kampung Bombay Dicanangkan Jadi Kampung KB PASAMAN, HALUAN — Berbicara tentang Keluarga Berencana (KB), mem­pu­nyai konsep yang luas dalam perwujudan keluarga raharja dalam kontek keluarga sa­kinah, mawaddah wa rah­mah..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]