Baznaz Salurkan Zakat untuk 66 Mustahiq


Selasa, 26 April 2016 - 02:48:16 WIB
Baznaz Salurkan Zakat untuk 66 Mustahiq Wakil Walikota Ismed menyerahkan zakat di Kecamatan Barangin yang disalurkan Baznas. (HUMAS)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 66 mustahiq di Ke­ca­matan Barangin Kota Sa­wahlunto menerima bantuan zakat periode April 2016 dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat. Dengan total bantuan sebesar Rp50,9 juta.

Pembagian zakat ditu­jukan untuk empat jenis ban­tuan diantaranya bantuan pendidikan, usaha, fakir dan bedah rumah.

Pemberian bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Wakil Walikota Sa­wah­lunto Ismed, yang didampingi oleh Camat barangin Adrius Putra, Ketua Baznas M.­Sya­rief, di aula Kantor Camat Barangin, Senin (25/4).

“Sebaik baiknya manusia adalah manusia yang ber­manfaat bagi orang lain, dan tangan diatas lebih baik dari tangan di bawah. Bagi yang menerima zakat kali ini, hen­daknya tahun depan sudah mengeluarkan zakat, paling tidak sudah keluar dari daftar penerimanya,” kata Wakil Walikota Ismed.

Ismed juga mengapresiasi langkah dari Baznas setempat, yang telah mulai menata sis­tim penyaluran dan mana­jemen bantuan zakat, se­hing­ga tepat sasaran kepada yang berhak menerimanya.

Dia mengharapkan ban­tuan dana zakat ini diman­faatkan sebaik baiknya untuk peningkatan kualitas ekono­mi, terkusus dana untuk usa­ha, tahun selanjutnya bisa menjadi pula menjadi pem­beri zakat.

Pemko Sawahlunto me­nar­getkan angka kemiskinan dikota ini akan dapat me­nurun hingga 1 persen, baik melalui peningkatan ekonomi warganya maupun melalui bantuan yang diserahkan me­lalui Baznas ini.

Ketua Baznas Sawahlunto M.Syarief menyebutkan, pe­nya­luran zakat periode april ini untuk kecamatan Barangin terdiri dari 17 bantuan usaha dengan jumlah bantuan se­besar Rp20 juta, Pendidikan dengan jumlah penerima 43 orang sebesar Rp24,65 juta.

Sedangkan untuk fakir 5 orang sebesar Rp3,25 juta dan bedah rumah satu unit sebesar Rp3 juta dengan total pene­rima sebanyak 66 orang dan jumlah penyaluran sebesar Rp50,9 juta.

Sedangkan sepanjang pe­rio­de Januari hingga April 2016 ini, untuk kecamatan Barangin telah disalurkan dana sebesar Rp262,65 juta kepada 210 mustahiq.

Syarief menambahkan, pihaknya terus berupaya mem­perbaiki aturan dan ma­na­jemen penerimaan dan penyaluran zakat, sehingga lebih baik lagi dalam menge­lola dana umat yang menjadi hak para mustahiq yang ber­hak menerimanya.(h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]