Melalui Kegiatan Keagamaan

Pemkab Solok Implementasikan Visi Misi


Selasa, 26 April 2016 - 02:53:37 WIB
Pemkab Solok Implementasikan Visi Misi Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin melepas defille kontingen MTQ, menandai dimulainya pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Kubung di Nagari Panyakalan, Sabtu (23/4). (YUTIS WANDI)

AROSUKA, HALUAN — Ter­wujudnya Kabupaten Solok sebagai daerah yang maju dan madani  yang berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak basandi Kitabullah, meru­pakan cita-cita pemerintahan Kabupaten Solok yang ter­tuang dalam empat visi daerah lima tahun mendatang. Upaya untuk mewujudkannya terus dilakukan oleh pemerintahan Bupati dan wabup Gusmal-Yulfadri  melalui berbagai kegiatan sosial keagamaan di tengah masyarakat.

“Maju dan makmur di­maksud tentunya berada da­lam naungan dan diridhoi Allah SWT,” kata Yulfadri Nurdin ketika membuka Mu­sabawah Tilawatil Quran (MTQ) ke 37 tingkat Keca­matan IX Koto Sungai Lasi tahun 2016 yang dipusatkan di SD Negeri 07 Nagari Koto Laweh, Sabtu (23/4).

Di hadapan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Sep­trismen, Kadis Perhubungan Drs.Deddy Permana, Kasat Pol PP, Raflis, Kabag Kesra, Suharmen, Camat IX Sungai Lasi, N. Efriyadi, Camat Ku­bung, Feri Hendria, Walina­gari, para kafilah dan ma­syarakat se­tempat, Wabup menegaskan, untuk mewu­jukan visi itu, salah satu misi yang dilak­sanakan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan menjadikan Kabupaten Solok sebagai lokus dan fokus pusat pen­didikan terpadu dan ber­daya saing tingkat Propinsi dan Nasional.

“Dengan SDM berkualitas dan berbudaya yang Islami, baik itu dalam kapasitasnya sebagai subjek maupun objek pembangunan, maka visi terse­but akan lebih mudah diwujudkan menjadi realitas,” papar Yulfadri.

Pihaknya menjelaskan, dari semua ciri ideal SDM berkualitas, keimanan dan ketaqwaan (imtaq) meru­pakan ciri yang paling me­nentukan. Karena imtaq inilah yang akan meng­antar­kan se­gala usaha manusia berhasil dengan baik, di dunia maupun di akhirat.” Mereka yang memiliki keku­atan Imtaq ini mempunyai ketangguhan mo­ral yang kuat sehingga tidak tergerus oleh arus nega­tif globalisasi, serta berpikir dan bekerja secara produktif,” jelasnya.

Dengan lahirnya generasi yang berlandaskan Alquran dan hadits maka pengaruh pengaruh buruk yang selama ini mengancam kehidupan generasi muda akan bisa di­tangkis apalagi pengaruh Mi­numan keras dan pe­nya­lah­gunaan narkoba. “ Kembali ke tuntunan agama akan menjadi benteng yang sangat kuat dalam menghadapi pengaruh pengaruh negatif dalam per­gau­lan masyarakat,” be­ber­nya.

Sebelum kec. IX Koto Sungai Lasi, sejumlah keca­matan lainnya di Kabupaten Solok juga telah menggelar MTQ tingkat kecamatan. Para pemuncak dari masing-masing kecamatan ini nantinya juga akan berjuang pada MTQ nasional tingkat Kabupaten Solok pada beberapa bulan mendatang.

Sebelumnya, Camat IX Koto Sungai lasi Efriyadi mengatakan, meski akses ke nagari Koto Laweh cukup sulit namun hal tersebut tidak akan menyurutkan semangat untuk memakmurkan nagari dengan budaya membaca Alquran.” Ada belasan kafilah yang berasal dari 9 Nagari yang tersebar diseluruh kecamatan IX Koto Sungai Lasi dan semuanya membaur dalam semangat persaudaraan dan kekeluargaan,” ujarnya.

Terkecuali itu, Camat ber­harap dengan adanya momen MTQ tingkat kecamatan ter­sebut akan melahirkan ge­nerasi generasi yang ber­lan­daskan Quran dan hadits se­hingga masyarakat sehingga kecamatannya akan dirahmati oleh sang pencipta. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]