Tambah Lapas Baru

Pemerintah Anggarkan Rp1 Triliun


Selasa, 26 April 2016 - 03:11:13 WIB

JAKARTA, HALUAN — Pemerintah akan membangun lapas baru dan memperbaiki sejumlah lapas untuk mengatasi kelebihan kapasitas di hampir seluruh rutan di Indonesia.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly me­nga­takan, pemerintah sudah menyiapkan anggaran tri­liunan rupiah.

“Kebetulan kita sudah dapat anggaran dan dise­tujui sekitar Rp1 triliun,” katanya pada wartawan di Istana Kepresidenan Ja­karta, Senin (25/4).

Selain pembangunan la­pas baru, anggaran tersebut juga akan digunakan untuk merehabilitasi sejumlah lapas dan penambahan blok tahanan. Khusus untuk narapidana Lapas Banceuy, Yasonna mengatakan ada sekitar 400 napi yang akan dipindah ke blok baru di lapas yang sama. Sementara sisanya untuk sementara masih di tempat yang lama sambil menunggu Lapas Banceuy dibangun kembali pascainsiden kebakaran.

Sebelumnya, Yasonna mengakui lapas-lapas di Indonesia kelebihan ka­pasitas. Untuk mengatasi hal tersebut, napi di lapas yang sudah terlalu penuh akan dipindah ke lapas lain yang lebih me­mungkinkan.

Dia menuturkan, perge­seran napi sudah mulai dila­kukan. Sejumlah napi yang menjalani masa hukuman di Lapas Cipinang dan Salem­ba sudah mulai dipindahkan ke Lapas Cikarang dan Gu­nung Sindur.  (h/rol)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]