Gunakan Dana Desa

Nagari Kapujan Giatkan Pembangunan Infrastruktur


Selasa, 26 April 2016 - 03:31:30 WIB

PAINAN, HALUAN — Ber­­­ba­gai program pem­ba­ngu­­nan terus digalakan de­ngan meng­gunakan dana desa di Ke­nagarian Ka­pujan Koto Be­rapak, Ke­ca­matan Ba­yang Kabupaten Pesisir Se­latan. Hal itu antara lain un­tuk menum­buhkan pere­ko­nomian ma­sya­rakat, me­la­­lui pe­ning­katan infra­struk­tur.

Pembangunan yang su­dah dilaksanakan antara lain jalan Pasir La­weh me­nuju Cubadak sepanjang 1.200 meter, pembukaaan jalan baru dari Durian Ka­dam menuju Bayang Bu­ngo sepanjang 400 meter, pembangunan jalan baru dari Puskesmas menuju SD Negeri 33 Kapujan.

Kemudian melalui dana aspirasi anggota DPRD Pro­­vinsi Sumbar, juga akan dilaksanakan perbaikan dan peningkatan status jalan usaha tani menuju kebun rakyat sepanjang lebih ku­rang 2.000 meter.

Wali Nagari Kapujan Koto Berapak, Bahrun me­nga­­takan, selain pemba­ngu­nan jalan, juga akan segera dilaksanakan pem­ba­ngunan irigasi di beberapa titik di kenagarian tersebut. Diantaranya pembangunan irigasi Banda Ujung Saririk, iri­gasi Banda Cubadak, iri­gasi Banda Cimpago dan irigasi Banda Baru da­ri Ambacang Manih me­nuju Taruka.

Pembangunan irigasi ter­sebut katanya, dimak­sudkan untuk me­ning­kat­kan pere­ko­nomian masya­ra­kat, teru­tama yang berge­rak di sek­tor pertanian padi. Apa­lagi tanaman padi jelas mem­butuhkan air yang cu­kup untuk pertum­buhan­nya.

“Segala pembangunan yang dilaksanakan tidak terlepas dari dukungan swa­da­ya masyarakat. Karena pembangunan yang dilak­sanakan juga merupakan keinginan masya­ra­kat na­gari sesuai dengan program pemerintah,” tandasnya. (h/mjn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]