64 Rumah di Solsel Masih Terbengkalai


Selasa, 26 April 2016 - 03:32:58 WIB

SOLSEL, HALUAN — Jumlah rumah yang ter­bengkalai pada Program Bedah Rumah bantuan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Solok Selatan, masih tersisa sebanyak 64 unit.

“Pemerintah pusat sudah berjanji akan mengu­cur­kan sisa dananya sebanyak 60 persen bulan ini. Kami tunggu saja realisasinya karena kami juga menginginkan program itu segera tuntas,” kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Solok Selatan, Zulkarnaini di Padang Aro, Senin.

Pihaknya, tambah dia juga sudah menyurati Inspektorat pusat untuk memeriksa program bedah rumah ini yang masih terbengkalai. Dia menjelaskan dana program bedah rumah tersebut pertama kali dikucurkan oleh pemerintah pusat pada Desember 2015 sebanyak 40 persen.

Setelah dilakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, ujarnya mereka berjanji akan menyalurkan 60 persen sisanya bulan ini. “Salahnya bukan pada kami, tetapi karena pemerintah pusat yang belum me­ngirim­kan sisa dananya sehingga proses penger­jaan­nya jadi terhenti,” lanjutnya.

Sementara itu salah seorang warga Tanjung Harapan, Nagari Lubuak Gadang Timur, Keca­matan Sangir yang mendapat bantuan program ini, Hen berharap pemerintah segera memberikan dana pembangunan selanjutnya supaya proses pen­ye­lesaiannya juga cepat selesai.

Saat ini, katanya rumah bantuan tersebut belum memiliki dinding dan ia untuk sementara meng­gunakan atap bekas serta kayu seadanya untuk mendindingnya. “Dulu pemerintah berjanji akan mencairkan dana selanjutnya, tetapi sudah lebih tiga bulan berjalan kelanjutannya belum ada, akibatnya rumah tersebut terbengkalai,” sebutnya diwartakan antara.

Sementara itu Kepala Jorong Lubuak Gadang Timur, Busnardi menyebutkan di daerahnya ada tiga rumah bantuan seperti ini tetapi belum satu pun yang selesai, karena dananya belum semuanya diberikan. “Kalau seperti ini kan masyarakat yang menderita, karena rumah mereka tidak memiliki dinding dan belum layak ditempati,” ujarnya. Dia berharap, pemerintah secepatnya menyikapi permasalahan ini supaya masyarakat tidak teraniaya lebih lama karena rumah yang belum layak huni. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 April 2020 - 17:59:59 WIB

    UPDATE: Kembali Naik, ODP di Sumbar Jadi 6.649 Orang, 13 Sembuh

    UPDATE: Kembali Naik, ODP di Sumbar Jadi 6.649 Orang, 13 Sembuh PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Meski tak ada tambahan pasien positif Corona di Sumbar, namun angka Orang Dalam Pantauan (ODP) di provinsi itu kembali meningkat, Senin (20/4/2020). Berdasarkan data Pemprov Sumbar, tercatat sebany.
  • Ahad, 05 April 2020 - 19:55:56 WIB

    Update Corona di Pessel 5 April: ODP 164, PDP 3 dan Positif 2

    Update Corona di Pessel 5 April: ODP 164, PDP 3 dan Positif 2 PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Update data Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (5/4), yaitu orang dengan status Notifikasi 2.997 orang, Orang Dalam  Pemantauan (ODP) 164 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 3 orang..
  • Rabu, 12 September 2018 - 09:37:19 WIB

    Kuota CPNS Sumbar Capai 864 Orang, Tak Ada Pengangkatan Guru Honor

    Kuota CPNS Sumbar Capai 864 Orang, Tak Ada Pengangkatan Guru Honor PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tenaga Guru menjadi formasi terbanyak yang didapatkan Sumbar dalam formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yakni 513 orang dari total 864 formasi yang didapatkan Provinsi Sumatera Barat. Saa.
  • Senin, 26 September 2016 - 01:56:20 WIB

    RAPBD Perubahan Devisit Rp64 M

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan Kota Payakumbuh 2016 disetiminasi devisit sebesar Rp64.040.742.577, karena anggaran pendapatan lebih kecil dari anggaran belanja..
  • Kamis, 09 Juni 2016 - 16:28:31 WIB

    164 Plat Kuning Tunggak Pajak, Samsat Sawahlunto Gelar Razia

    164 Plat Kuning Tunggak Pajak, Samsat Sawahlunto Gelar Razia SAWAHLUNTO, HALUAN- Setidaknya 164 unit kendaraan plat kuning di Sawahlunto menunggak pajak.Dari data yang ada terlampir bahwa plat kuning yang menunggak itu didominasi oleh kendaraan angkutan tambang dan angkutan kota atau a.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]