Bagian Humas Harus Lebih Inovatif

TKIP Diberi Pelatihan Jurnalistik


Selasa, 26 April 2016 - 03:33:45 WIB
TKIP Diberi Pelatihan Jurnalistik KABAG Humas Hendra Aswara menyampaikan laporan pelatihan jurnalistik kepada Staf Ahli Zahirman di Hotel Rangkayo Basa Padang, Senin (25/4). (BUSTANUL ARIFIN)

PADANG PARIAMAN, HA­LU­AN — Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dituntut untuk kreatif serta bisa be­ri­novasi dalam menyebarkan berbagai informasi kepada masyarakat.

Publikasi suatu daerah tergantung pada Humas yang mengelola informasi. Di Ka­bu­paten Padang Pariaman sejak setahun lalu, telah di­bentuk Tim Kontributor Informasi Publik (TKIP) sebagai perpanjangan tangan Bagian Humas dalam hal publikasi. TKIP ini semacam sayap bagi Humas untuk mengekspos kegiatan SKPD, dan merupakan yang pertama di Sumbar.

“Kita apresiasi Bagian Humas yang membentuk TK­IP atau bisa diistilahkan se­ba­gai wartawan di SKPD,” kata Bupati Ali Mukhni yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Zahirman pa­da Pembukaan Pelatihan Jur­nalistik di Hotel Rangkayo Basa, Padang, Senin (25/4).

Dia menjelaskan, men­yi­kapi Undang-Undang Nomor Nomor 14 Tentang Ke­ter­buka­an Informasi Publik, pe­me­rin­tah wajib mem­beri­kan infor­masi terhadap pe­n­ye­leng­gara­an. Anggota TKIP nantinya bisa menulis relis berita sesuai fakta dan bisa diper­tang­gung­jawabkan. “Ki­ta ingin ke depan, seluruh koran di Sumbar di­penuhi berita kegiatan Pemkab Pa­dang Pariaman,” harap Zahirman.

Kabag Humas, Hendra Aswara melaporkan bahwa pelatihan jurnalistik ini ber­tujuan memberikan pema­haman tentang tata cara pem­buatan relis berita dan teknik fotografi bagi TKIP. “Jadi relis berita yang dibuat TKIP dikirim ke Humas. Kemudian kita olah dan lalu kita muat ke media massa,” kata Hen­dra Aswara.

Kasubag Humas dan Me­dia Andri Satria Masri me­nga­takan, pembentukan TK­IP ini sebagai wujud nyata implementasi proyek peru­bahan saat mengikuti Diklat­pim IV tahun lalu. “Kita di Humas mempunyai keter­batasan. Jadi kita berinovasi membentuk TKIP atau is­ti­lah­nya wartawan-wartawan SKPD. Anggotanya adalah Kasubag atau staf di masing-masing SKPD,” kata Andri.

Tim TKIP tersebut kata andri, diberi pelatihan untuk penulisan berita sesuai pro­duk jurnalistik sehingga se­luruh kegiatan SKPD bisa diketahui masyarakat banyak. “Ke depan TKIP kita bentuk forum Ba­kohumas untuk aja­ng sila­turahmi dan berbagi infomasi,” kata Alumni Pasca Sarjana Universitas Indonesia itu.

Salah seorang na­ra­sum­ber, Sukri Umar menga­pre­siasi kegiatan dipelopori oleh Bagian Humas. Ia ber­harap kegiatan itu diadakan secara rutin minimal satu kali setiap tahunnya. “Pela­tihan jur­nalistik ini sangat positif. Tugas humas sangat terbantu dengan penulisan berita ke­gia­tan SKPD oleh TKIP. Jadi masyarakat bisa cepat tahu program Pe­merintah Da­erah,” kata Sukri Umar. (h/bus)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 November 2017 - 02:06:10 WIB

    STKIP Gelar Olimpiade se-Sumbar

    STKIP Gelar Olimpiade se-Sumbar PADANG, HALUAN - Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi (Prodi) Biologi dan Matematika STKIP PGRI Sumbar laksanakan olimpiade yang diikuti 400 siswa SMA sederajat se-Sumbar..
  • Jumat, 03 Juni 2016 - 04:29:31 WIB
    Datangi Kantor Walikota

    Mahasiswa Tuntut Ketua STKIP Mundur

    Mahasiswa Tuntut Ketua STKIP Mundur BUKITTINGI, HALUAN ­­—Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ahlusunnah Bukittinggi menuntut agar Ketua STKIP Ahlusunnah mundur dari jabatannya. Mereka menilai Ketua STKIP telah melakukan pembohongan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]