Kemenag Sosialisasikan Sistem Pendaftaran Haji


Selasa, 26 April 2016 - 03:34:04 WIB

AROSUKA, HALUAN — Kantor Ke­men­terian Agama (Kemenag) Kabupaten Solok menggelar Rapat Koordinasi dengan sejumlah bank penerima setoran haji, diantaranya Bank Nagari Syariah, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah dan Bank Muamalat.

Rakor ini digelar untuk menindak­lanjuti Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 29 tahun 2015 tentang perubahan tatacara pedaftaran haji. Dalam rapat ini sekaligus dibahas tentang sosialisasi teknis pelaksanaan sistem pendaftaran haji ber­dasarkan PMA 29 tahun 2015 dan Ke­putu­san Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) nomor 28 tahun 2016.

“Kita juga membahas terkait persiapan pelayanan jamaah yang diberikan oleh Bank penerima setoran dan Kantor Kemen­terian Agama Kabupaten Solok dan hal lainnya yang menyangkut pelayanan kepada jamaah calon haji,” kata  Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok Drs.H Kardinal MM di Koto Baru, Rabu (20/4).

Pihaknya berharap, melalui rakor ini adanya kesepahaman bersama antara Kemenag dengan pihak Bank penerima setoran, terutama terkait dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan kepada para calon jema’ah haji. “Ini yang kita koor­dinasikan, agar para nasabah tidak bingung dengan sistem yang ada,” katanya.

Sementara itu, Kasi PHU Kantor Kemenag Kabupaten Solok Drs. H. Suhar­men menambahkan, saat ini Sistem Komu­nikasi haji terpadu (Siskohat) Kantor Kemenag Kabupaten Solok telah menerima pendaftaran jamaah calon haji dengan sistim generasi ke 2. Namun sarana masih memakai sarana lama sehingga ada yang tidak terkoneksi dengan sistim Gen 2 ini akibatnya input data dilakukan secara manual.

Penggunaan layanan Siskohat Gen 2 ini merupakan penyempurnaan dari sikohat Gen 1, dengan harapan agar masyarakat memperoleh kemudahan, pada waktu yang bersamaan (real time) langsung dapat dihitung jumlah total dana keuangan setoran BPIH. Disamping itu, dengan sistem ini, pendaftaran haji dapat dilakukan sepanjang tahun. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]