25 Persen APBD Solsel untuk Pembangunan Mental


Selasa, 26 April 2016 - 03:37:08 WIB

SOLSEL, HALUAN — Pemkab Solok Selatan mengalokasikan 25 persen dari total APBD Solsel tahun 2017 untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan.

Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman me­nga­ta­kan, alokasi anggaran sebe­sar itu bertujuan untuk mem­­bangun karakter dan moral masyarakat ke arah yang lebih baik.

Hal itu dikatakan Abdul Rahman menjawab Haluan, saat kunjungan ke Nagari Ranah Pantai Cermin, Ke­ca­matan Sangir Batang Ha­ri, Senin (25/4). “Sesuai visi dan misi kita saat Pilkada lalu, bahwa fokus kegiatan akan lerbih diarahkan pada upaya pembentukan karak­ter moral melalui kegiatan  keagamaan,” jelas Wabup dua periode itu.

Ia menuturkan, bukan berarti dalam masa kepe­mimpinan periode pertama tidak ada program keaga­maan. “Tapi saat ini akan kita fokuskan untuk kegia­tan keagamaan. Salah satu­nya melalui gerakan kem­bali ke surau,” tambahnya.

Menurutnya, dengan di­ga­lak­kan kembali kegiatan kembali ke surau, diyakini akan berdampak terhadap kejayaan masyarakat Mi­nang. Disebabkan, surau dalam budaya Minang bu­kan saja tempat untuk beri­ba­dah, melainkan juga tem­pat untuk menimba ilmu pengetahuan.

“Sejarah mencatat para pembesar Minang di masa lalu merupakan sosok yang giat melaksanakan kegiatan di surau. Seperti Buya Ham­ka dan lainnya,” tandasnya.

Pengurus Masjid Nurul Iman, Nagari RPC, Rahman menyebutkan, kapasitas masjid tidak lagi mampu menampung kegiatan iba­dah salat Jumat. Sehingga diperlukan pemugaran mas­jid kembali, agar mampu menampung lebih banyak masyarakat untuk kegiatan ibadah ataupun kegiatan-kegiatan masyarakat nagari.

“Semoga sesuai pro­gram Pemkab Solsel, pe­mu­garan Masjid Nurul Iman di Kenagarian RPC mampu terwujud, se­hingga kegiatan keaga­maan serta kegiatan lain­nya bisa lebih mak­simal,” harap Rahman. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]