Intake Lumin Rusak

PDAM Terus Normalisasi Jaringan


Selasa, 26 April 2016 - 03:39:47 WIB

PADANG, HALUAN—Rusak be­ratnya  intake PDAM  di Lubuk Minturun akibat dihantam banjir 22 Maret 2016 lalu, membuat pelayanan PDAM pada pelang­gan belum optimal.

Demikian dikatakan Direktur Utama PDAM Padang Mus­wendry E di sela – sela kunju­ngannya ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Latung Lubuk Min­turun untuk melihat kondisi air baku di sana, Senin (25/4).

“Hal ini bukan saja dise­babkan oleh intake yang rusak berat, namun intensitas curah hujan yang cukup tinggi di hulu menyebabkan tingginya keke­ruhan air baku PDAM.

Bahkan tidak sedikit sedimen dan batang kayu besar yang menyumbat intake PDAM se­hingga proses produksi tidak dapat terlaksana dengan optimal, “ucapnya.

 Disamping itu dikatakannya masih adanya sisa – sisa sedimen pascabanjir di dalam pipa distri­busi juga merupakan salah satu penyebab keruhnya air yang mengalir ke pelanggan.

“Namun hingga saat ini PD­AM terus melakukan normalisasi dan pencucian pipa agar sisa – sisa sedimen pascabanjir dapat dibersihkan dan air yang mengalir ke pelanggan bersih kembali,” tambahnya.

Dikatakannya lagi, PDAM pada dasarnya sangat bergantung pada kondisi alam karena sumber air baku PDAM berasal dari air permukaan (sungai).

“Saat curah hujan tinggi di hulu menyebabkan kekeruhan yang tinggi  dan banyaknya ma­terial sedimen yang terbawa sehingga menyumbat intake,” jelasnya.

Salah satu faktor penye­bab­nya dikatakannya kondisi hulu yang minim media peresapannya (pepohonan) sehingga pada saat hujan, air tidak dapat meresap dengan baik dan dapat menye­babkan longsor dan banjir ban­dang.

“Karenanya Kami sangat ber­harap agar seluruh stake holder yang terkait juga turut berperan agar kita dapat menyelamatkan catchman area dan hulu sungai.

Baik itu dengan cara reboisasi maupun hal lainnya sehingga kita dapat me­minimalisir dan sebagai lang­kah preventif terhadap ban­jir dan long­sor,” tu­tup­nya. (h/ita)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]