DKPP Gelar Sidang Kode Etik


Selasa, 26 April 2016 - 03:41:37 WIB

PADANG, HALUAN — Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (DKPP) menggelar sidang kode etik terhadap anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) di Kantor Bawaslu Sumatera Barat (Sumbar), Senin (25/4).

Dalam sidang itu, ma­terinya adalah tidak adanya rekening dana kampanye atas nama Pasangan Calon  Syahiran dan Yulianto, yang akhirnya justru terpilih seba­gai Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat 2016-2021 hasil Pilkada 9 Desember 2015.

Sidang yang dipimpin Saud  Sirait tersebut mem­bahas pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh anggota KPU Kabupaten Pasbar. Pelapornya adalah Zul­ke­nedi Said yang merupakan Paslon yang kalah. Materi yang dipersoalkan adalah tidak adanya rekening dana kam­panye atas nama Pasangan Calon Syahiran dan Yulianto. Yang ada hanya rekening dana kampanye  atas nama tim sukses.

Meski tidak ada dana rekening kampanye, namun ternyata pasangan Syahiran dan Yulianto diloloskan oleh KPU Pasbar sebagai peserta Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu.

Dugaan pelanggaran ini, kemudian menjadi temuan akuntan publik yang di­laporkan kepada KPU Pasbar. Akan tetapi, tidak ada tindakan KPU Pasbar untuk merevisi pencalonan pasangan yang akhirnya terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pasbar pe­riode 2016-2021.

Usai mendengarkan pen­jelasan dari pihak KPU Pas­bar dan dari pihak pe­lapor, majelis hakim DKPP me­nyatakan cukup, dan akan memberikan p­u­tusan dalam beberapa hari ke depan. “Si­dang hari ini kami rasa cukup dan tidak perlu di­per­panjang,” tu­tupnya diiringi ketukan palu. (h/win)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 November 2015 - 20:36:46 WIB

    Empat PPS Kecamatan Lubeg Disidang DKPP

    PADANG, HALUAN — Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) menyidangkan empat panitia pemilihan suara (PPS) di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang, terkait proses penetapan DPT/DPSHP yang dilaporkan Panwaslu .

  • Jumat, 30 Oktober 2015 - 19:49:39 WIB

    DKPP Kembali Gelar Sidang Rabu Depan

    SIDANG KPU SUMBAR DI DKPP

    PADANG, HALUAN —Si­dang pertama terlapor Ko­misi Pemilihan Umum (KPU), dan pelapor Roni bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar di Dewan Kehorm.

  • Senin, 26 Oktober 2015 - 20:55:03 WIB

    KPU akan Disidang DKPP

    PADANG, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar Kamis (29/10) lusa akan menjalani sidang perdana di DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu). Operator Pilkada ini disidang menyusul laporan Roni P.

  • Selasa, 06 Oktober 2015 - 19:46:48 WIB

    Bawaslu Laporkan KPU Sumbar ke DKPP

    PADANG, HALUAN — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat mengeluarkan dua rekomendasi terkait ter­dapatnya permasalahan re­kening dana kampanye pa­sangan calon (paslon) gubernur dan calon wakil gubernur Sumbar..

  • Jumat, 11 September 2015 - 18:49:49 WIB

    DKPP Terima 80 Laporan se-Indonesia

    LAPORAN DARI SUMBAR BELUM ADA PUTUSAN

    PADANG, HALUAN — Me­masuki masa pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2015 men­datang, setidaknya sudah 80 l.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]