RSJ tak Hanya untuk Pasien Sakit Jiwa


Selasa, 26 April 2016 - 03:49:23 WIB

PADANG, HALUAN — Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa (RSJ) H.B Saanin Padang, Lily Gracediany menilai masih sulitnya menghilangkan anggapan buruk tentang RSJ oleh sebagian masyarakat. Padahal sebagai rumah sakit jiwa tidak hanya orang sakit jiwa berat (gila) yang diobati di sana.

“Bahkan ma­sih ada orang tua yang enggan me­ngan­tarkan anak­nya ke sini untuk men­jalani re­ha­bilitasi nar­koba. Anggapannya ka­lau sudah ke sini itu hanya untuk orang gi­la,”ung­kap Lily kepada Haluan saat dite­mui di ruang kerjanya Senin, (25/4) sore.

Menurutnya, RSJ H.B Saa­nin Padang me­nye­dia­kan banyak fasilitas pe­ngo­batan selain gangguan jiwa berat. Seperti untuk re­ha­bilitasi pencandu narkoba, anak autis, anak tidak bisa fokus dalam belajar, uji kemampuan otak, dan uji terkait dengan psikologis lainnya.

“Di sini (H.B Saanin, red) banyak dokter spesialis yang kita miliki, baik itu psikolog,  dokter ahli jiwa,  dokter sub anak dan dengan perawat yang memang ber­kom­peten di b­i­dang­nya,” paparnya.

Dilanjutkannya, saat ini RSJ H.B Saanin Padang telah memiliki ruang rawat inap bagi pasien anak re­maja. Di sini anak remaja yang memiliki keter­be­la­ka­ngan mental dan juga me­miliki gangguan keji­waan akan diinapkan dengan pe­nga­wa­san dok­ter ahli.

“Saat ini ki­ta punya 14 tem­pat tidur untuk pa­sien anak re­ma­ja. Diha­rap­kan dengan pe­mis­ahan seperti ini akan mem­per­mudah pe­nyem­buhan ba­gi pa­sien anak re­ma­ja,” te­rang­nya.

RSJ H.B Saanin sendiri tengah merawat 5 pasien anak remaja. Rata-rata itu anak remaja dengan latar belakang autis dan memiliki gangguan jiwa. “Jadi mereka sengaja kita buatkan ruang khususnya,”pungkasnya.

Disamping merawat 303 orang gangguan jiwa berat RSJ H.B Saanin Padang juga merawat 19 orang pa­sien narkoba. Untuk pasien narkoba pun dipisahkan dari orang gangguan jiwa berat dan pasien anak re­maja. Ini juga untuk mem­percepat penyembuhan.

“Kita tentu berharap tidak ada lagi masyarakat yang takut atau boleh di­katakan malu ketika ha­rus datang ke H.B Saanin. Toh, di sini tidak hanya untuk orang gangguan jiwa berat tapi juga untuk pengobatan  lainnya yang berkaitan de­ngan psikologi dan men­tal,”tutupnya. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]