Heboh Malam Keakraban SMAN 3 Padang

Ikasmantri Somasi Pengunggah Foto


Selasa, 26 April 2016 - 03:58:56 WIB

Ikasmantri mengajukan somasi terhadap pengunggah foto acara Malam Keakraban Angkatan 36 SMAN 3 Padang. Amrizal Rengganis pun menyatakan minta maaf.

PADANG, HALUAN — Pengurus Besar Ikatan Alumni Sekolah Menengah Negeri 3 (PB Ikas­mantri) Padang mengecam keras terkait dengan foto yang beredar di facebook pada acara Malam Ke­akraban Angkatan 36 SMAN 3 Padang pada Sabtu (23/4) yang diposting oleh Amrizal Rengganis.

PB Ikasmantri berikan somasi 1 x 24 jam kepada pemilik akun Facebook atas nama Amrizal Rengganis terkait unggahan foto tentang kegiatan ‘Malam Keakra­ban Siswa SMA 3 Padang Ang­katan 2016’ di Hotel Bumi Minang yang mendapatkan hujatan dari netizen.

“Kami memberikan kesem­patan kepada saudara Amrizal Rengganis selama 1x24 jam kepa­da dirinya untuk meminta maaf secara langsung dan terbuka ke­pada PB Ikasmantri karena atas perbuatan dan pernyataan sau­dara Amrizal Rengganis tersebut, juga telah mencemarkan nama baik keluarga besar SMA 3 Pa­dang sebagai lembaga pendidikan di Kota Padang,” ujar Ketua Harian Ikasmantri, Yuliarman, Senin (25/4) kepada sejumlah wartawan.

Oleh sebab itu, PB Ikasmantri mendesak Amrizal Rengganis untuk mencabut postingannya di facebook tersebut dan meminta maaf di semua media yang mem­buat pemberitaan tersebut dalam jangka waktu 1x24 jam.

Dikatakannya juga, jika tun­tutan ini tidak dilaksanakan, maka pihaknya akan membawa permasalahan tersebut ke ranah hukum untuk ditindak sesuai dengan peraturan dan Undang-Undang (UU) yang berlaku.

Terkait postingan foto yang diunggah di dunia maya tersebut, Yuliarman menyebutkan berda­sarkan hasil klarifikasi antara pihak sekolah dengan siswa yang hadir pada kegiatan itu, menilai bahwa postingan tersebut tidak sesuai dengan fakta yang se­benarnya yang terjadi.

“Kami menilai, pernyataan Amrizal Rengganis melalui akun facebooknya, telah terjadi tinda­kan berpeluk-pelukan antara siswa dan siswi di kolam renang dan tindakan tidak pantas pada acara Malam Keakraban Smantri 36, tidaklah benar dan pembo­hongan publik,” ungkap Yuliarman.

Sementara itu, salah seorang perwakilan siswa yang juga ter­gabung dalam Ikasmantri 36 (Sebutan untuk Angkatan SMA N 3 Tahun 2016, red) Muham­mad Iqbal Chissaputra mengata­kan, bahwa acara yang diklaim oleh Amrizal Rengganis dibu­barkan oleh petugas Satpol PP Kota Padang tidaklah benar.

Ia juga mengklarifikasi ter­kait dengan insiden para alumni yang mandi-mandi dan berenang di kolam renang Hotel Bumi Minang.

“Acara ini tidak ada dibu­barkan oleh siapapun, kami bubar karena acara memang sudah selesai dan tidak ada teka­nan dari siapapun untuk meng­hentikan acara tersebut. Terkait dengan aksi mandi-mandi di kolam renang tersebut, itu adalah luapan kegembiraan kami se­telah dipilihnya ketua angkatan yang baru, Wibi Darmawan Elkas, dan acara ini sendiri selesai pada pukul 22.00 WIB,” terangnya.

Ia tidak menampik bahwa acara tersebut digelar memang tanpa sepengetahuan sekolahnya, karena ini merupakan agenda angkatan 36 saja, dan menurutnya acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa wali murid.

“Kami juga ingin angkatan 2016 atau 36 ini kompak seperti para senior kami, untuk itu kami me­lakukan semacam malam perkumpulan di hotel tersebut dengan agenda juga memilih ketua angkatan. Dalam acara tersebut juga hadir perwakilan orang tua murid sebanyak 11 orang. Dalam acara tersebut kami berpakaian resmi dimana laki-laki memakai jas dan perempuan memakai pakaian kebaya,” tuturnya.

Sementara itu, Amrizal Reng­ganis saat dihubungi Ha­luan mengatakan bahwa dirinya telah menerima surat pernyataan sikap dari Ikasmantri kepada dirinya yang memposting foto yang telah beredar di facebook tersebut. Dengan gamblang ia menuturkan bahwa ia bersedia meminta maaf kepada Ikas­man­tri melalui media dan akan meng­hapus postingan di facebook yang telah beredar yang diambil peng­gu­na lain dari akun miliknya.

“Saya bersedia meminta maaf dan terkait foto yang telah ter­sebar, tentu ini diluar kendali saya, karena semua orang punya hak untuk mengakses sebuah foto di sosial media seperti facebook ini. Saya tidak ada rasa benci dan tendensius terhadap sebuah lembaga, apalagi lembaga pendidikan seperti SMA N 3 Padang ini,” ucap pria yang juga menjabat Kepala Seksi Pe­nye­lidikan (Kasi Lidik) di Satpol PP Kota Padang ini.

Menanggapi ini, Ketua Ha­rian Alumni SMA N 3 Padang Yuliarman menyebut, Alumni SMA 3 akan menerima permin­taan maaf yang disampaikan. Kendati demikian permintaan maaf ini diminta disampaikan langsung melalui cara bertatap muka dengan alumni-alumni SMA N 3 Padang.

“Jika tidak disampaikan seca­ra langsung pada para alumni hingga siang ini, kami akan tetap mengusut dan melan­jutkan­nya ke jalur hukum. Ini sebagai efek jera kepada pelaku,” te­gasnya.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Padang, Ganefri mengata­kan bahwa apa yang terjadi pada kasus SMAN 3 Padang menjadi contoh masih lemahnya penga­wasan dari orang tua dan sekolah terhadap kegiatan yang dilakukan oleh para remaja yang sejatinya dalam masa pencarian jati diri.

“Kegiatan seperti itu ‘kan terkesan glamour dan tidak ada gunanya. Lagian mereka ini belum bisa dikatakan alumni karena belum dinyatakan lulus setelah mengikuti UN. Saya tidak melarang mereka mengadakan kegiatan semacam perkumpulan alumni tersebut, karena juga mempererat tali silaturahmi, namun saya menilai tidak perlu kegiatan seperti itu dilakukan di hotel, apalagi dilakukannya pada malam hari,” ujar Ganefri.

Ia meminta agar pihak se­kolah meningkatkan lagi penga­wasan terhadap para peserta didik agar kejadian seperti ter­sebut tidak kecolongan lagi.

Ketua DPRD Kota Padang Erisman Chaniago menyatakan bahwa acara malam keakraban yang digelar siswa SMA 3 Padang tidak mencer­minkan budaya timur, terutama Sumatera Barat.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota  Padang Iswandi Muchtar minta setiap kegiatan yang dila­kukan siswa harus diketahui oleh kepala sekolah dan ada izin dari Dinas Pendidikan, agar tidak seenaknya membuat suatu acara atau kegiatan.

“Kami harapkan,  dinas pari­wisata  menegur pihak hotel agar selektif menerima tamu dan melihat  kegiatan siswa di hotel,” ujarnya.

Sekda Kota Padang Nasir Ahmad mengatakan, per­soalan ini akan dibicarakan tingkat pimpinan yaitu walikota dan wakil walikota serta  minta penjelasan kepada kepala sekolah yang bersangkutan.

Mengenai, rencana akan mem­buat aturan atau perwako yang melarang anak sekolah melakukan acara di hotel, akan dibicarakan. Jika disepakati, maka bisa saja perwako yang melarang anak sekolah melaku­kan acara di hotel bisa diterap­kan. 

Pelaksana Harian (Plh) Di­nas Pendidikan Kota Padang, Barlius kepada Haluan melalui sambungan telepon mengatakan bahwa ia justru tidak memper­masalahkan para peserta didik atau alumni mengadakan acara perkumpulan untuk menjalin tali silaturahmi di luar sekolah, termasuk di hotel.

“Tidak masalah karena sela­ma tempat itu aman dan kera­maian umum, menurut saya tidak masalah. Ini semua menjadi berlarut karena ada beberapa pihak yang tidak senang entah karena alasan apa membentuk sebuah opini publik di media sosial seakan-akan apa yang terlihatlah kejadian sebenarnya,” katanya.

Ketua Komisi IV DPRD Padang, Surya Jufri Bitel meminta kisruh malam keakraban SMA 3 Padang dengan salah seorang pejabat  struktural di Sat Pol PP Padang bisa diselesaikan dengan segera.  Surya mengatakan, meskipun Ikasmantri telah mengklarifikasi kalau informasi yang menyebut junior mereka merayakan perpisahan yang diiringi aksi mandi bareng atau berpelukan di kolam renang tidaklah benar, masalah ini tetap harus dijadikan pelajaran. “Merayakan per­pisa­han di hotel dan dilakukan pada malam hari akan menimbulkan prasangka dari pihak lain,” tutur Surya saat dihubungi, Senin (25/4). (h/mg-adl/len/ade)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Maret 2017 - 09:04:55 WIB

    Anda Alumni SMA 3 Padang? Daftarkan Diri di Website Ikasmantri

    Anda Alumni SMA 3 Padang? Daftarkan Diri di Website Ikasmantri PADANG, HALUAN—Pengurus Besar (PB) Ikasmantri Padang meluncurkan website resmi www.ikasmantri.or.id yang dapat diakses seluruh alumni, Minggu (12/3) bersamaan dengan momen Rapat Kerja PB Ikasmantri 2017. Website ini memuat .
  • Rabu, 08 Maret 2017 - 09:52:18 WIB

    Ikasmantri Bantu Alumni Korban Kebakaran

    PADANG, HALUAN—Alumni SMA 3 Padang sangat peduli dengan rekannya sesama alumni. Kepedulian itu salah satunya diwujudkan dalam bentuk penyerahan bantuan untuk alumni, Sudirmanto (Angkatan 81) yang ditimpa musibah kebakaran. .
  • Senin, 05 Desember 2016 - 01:17:48 WIB

    HUT Ikasmantri Berlangsung Semarak

    HUT Ikasmantri Berlangsung Semarak PADANG, HALUAN —Puncak peringatan ulang tahun Ikatan Alumni SMA 3 (Ikasmantri) Padang, Minggu (4/12) berlangsung semarak dan penuh rasa kekeluargaan. Seluruh alumni dari berbagai angkatan berbaur menjadi satu dalam bingkai .
  • Senin, 10 Oktober 2016 - 02:32:44 WIB
    REUNI PERAK ANGKATAN 91

    ‘Ikasmantri Foundation’ Resmi Dibentuk

    ‘Ikasmantri Foundation’ Resmi Dibentuk PADANG,HALUAN—Ja­rak dan waktu bukanlah peng­­halang dalam me­nyam­bung tali silaturrahim antar sesama. Setelah sekian tahun berpisah dan tidak men­dapatkan kabar satu sama lain, akhirnya Ikas­mantri 91 dapat berkump.
  • Senin, 29 Agustus 2016 - 12:08:05 WIB

    Oktober, Ikasmantri 91 Helat Reuni Perak

    PADANG, HALUAN — La­ma tak bersua, Ikatan Alumni SMA 3 (Ikas­ma­n­tri) Padang Angkatan 91, be­rencana menggelar reuni. Usai melepas seragam putih abu-abu 25 tahun silam, para alumni yang jumlahnya se­kitar 400 orang i.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]