Terbaik di Kopertis Wilayah X

Universitas Tamansiswa Tingkatkan Kualitas Dosen


Selasa, 26 April 2016 - 13:44:05 WIB

PADANG, HALUAN —M­e­n­yambut lahirnya tujuh pro­gram studi baru, Universitas Tamansiswa (Unitas) Pa­dang fokus pada pe­man­tapan kualitas dan kom­petensi tenaga pengajar. Rektor Unitas, Dr Irwandi Sulin, MP mengatakan, saat ini pihaknya memiliki 15 dosen berkualifikasi doktor.

Menurut Irwandi, Uni­tas senantiasa mendorong dosen untuk terus men­gem­bangkan diri dan secara kontiniu menempuh pen­didi­kan yang lebih tinggi.

“Kita berharap dengan kualifikasi dosen yang terus meningkat, maka tranfer ilmu kepada mahasiswa da­pat berjalan dengan baik. Dengan sendirinya mutu lu­lu­san Unitas mampu me­m­­berikan kontribusi besar un­tuk pembangunan di In­do­­nesia,” ucapnya, Senin (25/4).

Selain fokus pada ku­alitas dosen, hal yang me­narik adalah kemudahan yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada ma­­hasiswa. Saat ini Unitas ter­catat sebagai sa­lah satu per­guruan tinggi de­ng­an biaya pen­didikan ter­murah.

“Bahkan ka­mi juga me­m­be­ri­kan berbagai beasiswa bagi mahasiswa yang ber­prestasi dan kurang mampu seperti beasiswa Bidikmisi, PPA, BBM dan berbagai be­asiswa lainnya,” ungkap Irwandi.

Ia juga menjelaskan, me­n­yambut tahun aka­demik 2016/2017 ini, Unitas sa­ng­at antusias dan optimis bisa menjadi lebih baik. Pasca ditetapkan sebagai un­iver­sitas terbaik di Kopertis Wilayah X berdasarkan SK Menteri Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi (Me­n­­ris­tek­dikti) RI No. 492.a/M/Kp/VIII/2015 dan menduduki pe­ringkat 110 dari 3.320 perguruan tinggi se-In­do­nesia, Unitas la­n­gsung tancap gas. Tidak ta­ng­gung-tanggung, untuk tahun aka­demik 2016/2017 Unitas mem­buka tujuh program studi sekaligus.

Prodi tersebut adalah Prodi S2 Agroteknologi, Prodi S1 Ilmu Agribisnis, Prodi S1 Ilmu Geografi, Prodi S1 Ilmu Lingkungan, Prodi S1 Pendidikan Eko­nomi, Prodi S1 Ilmu Seni dan Prodi S1 Psikologi. Sedangkan saat ini Unitas telah memiliki empat Prodi yaitu Ilmu Hukum, Mana­jemen, Agroteknologi dan Peternakan.

“Ini baru permulaan, dalam jangka panjang kami akan membuka beberapa Prodi baru lagi untuk me­me­nuhi kebutuhan tenaga ahli di Indonesia. Tentu saja pembukaan Prodi baru ter­sebut harus disesuaikan dengan perkembangan za­man dan kebutuhan,” ung­kap Irwandi.

Ia menambahkan, untuk menunjang kelancaran pro­ses akademik Unitas juga tengah melengkapi sarana dan prasana. Saat ini sedang berlangsung pembangunan gedung perkuliahan baru. Gedung yang terdiri dari tiga lantai dan 18 ruangan ter­sebut diperkirakan se­lesai pada Semptember 20­16 dan sudah bisa difung­si­kan untuk proses belajar mengajar pada tahun ajaran baru.

Pada kesempatan yang sama Kepala Humas Unitas Dwi Kornida, SH, MH me­nga­takan, untuk kerja sama Unitas terus membangun dan meningkatkan ko­mu­nikasi dengan berbagai in­sti­tusi dan pemerintah da­erah di Sumbar. Setelah menjalin kerjasama dengan Kabupaten Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Ag­am, selanjutnya Unitas akan menjalin kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Me­n­tawai, Solok, Solok Se­latan, serta Pemerintah Ko­ta Sawahlunto dan Pa­ria­man. Kerjasama di­mak­sudkan untuk membangun hubungan yang harmonis antara lembaga pendidikan dan pemerintah daerah dan berbagai institusi lainnya.

“Ke depan Unitas akan terus meningkatkan ke­mitraan dengan sebanyak mungkin pihak. Ini perlu karena untuk maju sebuah lembaga pendidikan tidak bisa berjalan sendiri-sen­diri,” tutup Dwi Kornida. (h/rel/eni)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 02 Desember 2019 - 14:52:00 WIB

    Terkait Polemik di Kampus, Ini Pernyataan Universitas Taman Siswa

    Terkait Polemik di Kampus, Ini Pernyataan Universitas Taman Siswa PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Terkait berita yang terlanjur beredar di sejumlah media terkait polemik yang terjadi di Universitas Taman Siswa, mahasiswa Universitas Taman Siswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa me.
  • Jumat, 26 Januari 2018 - 11:24:00 WIB

    Demo, Warga Bakar Ban di By Pass depan Kampus Universitas Baiturrahmah

    Demo, Warga Bakar Ban di By Pass depan Kampus Universitas Baiturrahmah PADANG, HALUANHALUAN.COM -- Aksi bakar ban mewarnai aksi unjuk rasa warga di Jalan By Pass, Padang, Jumat (26/1) siang ini. Tak hanya itu. Seribuan massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Tigo Sandiang juga mengusir puluh.
  • Sabtu, 22 April 2017 - 02:44:31 WIB

    UBH Menuju Universitas Berkelas Dunia

    PADANG, HALUAN -- Universitas Bung Hatta (UBH) kini menapak usia ke-36 tahun, usia yang telah amat dewasa dan berada pada level kematangan. Di usia tersebut, UBH makin cemerlang, berbagai pengembangan telah dilakukan baik dar.
  • Senin, 05 Desember 2016 - 01:49:44 WIB
    PENGUKUHAN DAN RAKERNAS I DPP IKA UNAND 2016-2020

    Alumni Etalase Universitas

    Alumni Etalase Universitas PADANG, HALUAN — Alum­ni merupakan etalase sebuah universitas. Kebe­radaan alumni akan sangat berpengaruh dalam kema­juan universitas. Berkem­bang atau tidaknya univer­sitas akan ditentukan oleh ujung tombaknya, yaitu .
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:54:23 WIB

    Universitas Andalas Peringkat 11 se-Indonesia

    Universitas Andalas Peringkat 11 se-Indonesia PADANG, HALUAN—Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Rabu (17/8) mengumumkan 12 perguruan tinggi teratas di Indonesia dan Universitas Andalas masuk rangking 11 dari ribuan perguruan tinggi negeri dan swasta.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]