Berantas Pekat dan Maksiat

Ormas Islam Pasbar Bersatu


Selasa, 26 April 2016 - 14:56:49 WIB
Ormas Islam Pasbar Bersatu BUPATI Pasbar, Syahiran saat kegiatan sosialisasi perang terhadap narkoba. Pasamab Barat ditargetkan bebas dan bersih dari narkoba. ?

PASBAR, HALUAN — Untuk menciptakan situasi Ka­m­tib­mas yang lebih kondusif, serta terwujudnya kerukunan umat beragama di Pasaman Barat, ormas Islam berupaya men­ya­tukan pandangan dan persepsi untuk mengatasi maraknya perbuatan maksiat dan pen­yakit masyarakat di daerah itu.

Sekretaris Forum Koor­dinasi Kerukunan Umat Ber­ag­a­ma (FKUB) Pasaman Ba­rat, Suharjo mengatakan, tanpa keterlibatan seluruh pihak, dikhawatirkan berbagai ben­tuk pekat dan maksiat akan terus merajalela di Pasaman Barat, bahkan menjangkiti generasi muda. “Generasi muda adalah aset dan harapan bangsa. Mereka harus dise­lamat­kan,” katanya.

Dikatakan, dari segi keru­kunan umat beragama, peran serta penyuluh agama, dai nagari dan pengurus lembaga keaga­maan lain dalam melak­sanakan pembinaan umat be­ragama, diakui sudah cukup memadai.

Namun agar tidak terjadi kesenjangan atau perbedaan penafsiran di kalangan pelaku dakwah, pihaknya minta ke­pada Pemkab Pasaman Barat untuk agar mengeluarkan iden­titas khusus kepada pen­dak­wah, penyuluh agama, dai nagari dan lembaga keagamaan lainnya.

Ketua LKAAM Pasaman Barat, Alman Gampo Alam mengatakan, dari segi sistem adat istiadat dan sistem ke­masya­rakatan di daerahnya, setiap penduduk yang ber­domisili di Ranah Pasaman Barat harus mematuhi segala aturan adat yang berlaku.

“Jika di wilayah hukum adat tertentu ada warga yang mela­kukan pelanggaran adat, maka pucuk pimpinan adat ber­sang­kutan harus menye­lesaikan persoalan itu secara adat. Se­hingga peran ninik mamak, perangkat adat di nagari masing-masing berjalan sebagaimana mestinya,” katanya. (h/gmz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]