Wartawan Haluan Direkomendasi ke Level Madya


Selasa, 26 April 2016 - 16:45:57 WIB
Wartawan Haluan Direkomendasi ke Level Madya TIGA dari empat wartawan Haluan, Osniwati, Rahma Winda dan Icol Dianto lulus UKW dan direkomendasi penguji layak ke level Madya.

 

PADANG, HALUAN — Em­pat wartawan Haluan di­nyatakan lulus Uji Kom­petensi Wartawan Tingkatan Muda yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat, pada acara yang digelar selama dua hari, Jumat- Sabtu (22-23) April 2016, di Daima Hotel, Pa­dang.

Penguji Kelompok 5, Djoko Tetuko me­re­ko­men­dasikan tiga war­tawan Ha­luan yang diujinya, untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan tingkat Madya untuk UKW mendatang.

Tiga orang wartawan Ha­luan yang dimaksud ada­lah Osniwati, pos liputan Pemprov Sumbar, Rahma Winda pos liputan politik di Padang dan Icol Dianto, liputan daerah di Kabupaten Pasaman.

“Kalau Icol, Oos, dan Winda ini, bisa saya reko­mendasikan untuk UKW Madya. Saran saya, pela­jarilah bahan-bahan untuk kompetensi Madya itu, se­perti pembuatan feature dan investigasi,” sebutnya.

Sementara itu, Yul­da­veri, wartawan Haluan di Ta­nah Datar, juga dinyatakan lulus uji kompetensi.  Ia menyebutkan, menjadi wa­r­tawan itu harus jeli dalam menggali informasi pada nara sumber.

Selain itu, wartawan juga harus memiliki angle berita yang berbeda dengan media lain.

Dewan Kehormatan Per­satuan Wartawan Indonesia Provinsi Jawa Timur itu mengingatkan, wartawan mesti memiliki semua ca­tatan, rekaman dan do­ku­mentasi yang melengkapi berita jika dibutuhkan se­waktu-waktu. Termasuk kon­disi saat wawancara, kun­jungan dan kegiatan nara sumber yang berkaitan de­ngan aktivitas peliputan.

“Kalian sudah lulus se­cara uji kompetensi, nanti kalau sudah memiliki kar­tu sertifikasi wartawan, maka jangan lupa untuk tetap kon­sisten men­egak­kan kode etik jurnalistik,” katanya.

Selain itu, Djoko Tetuko yang sudah 35 tahun me­lang­lang bekerja di media massa itu, juga mengingatkan agar wartawan yang kompetensi itu harus terus belajar untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Kegiatan sertifikasi war­tawan itu dilaksanakan se­lama dua hari, Jumat- Sabtu (22-23) April 2016, di Dai­ma Hotel, Padang. Penguji se­ba­nyak 11 orang dengan peserta sebanyak 77 orang meliputi tingkatan UKW Muda, Madya dan Utama. (h/col)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 22:30:48 WIB

    Tiga Wartawan Berposko di Polresta Padang Terima Penghargaan

    Tiga Wartawan Berposko di Polresta Padang Terima Penghargaan HARIANHALUAN.COM - Dihari Bhayangkara ke-74, tiga wartawan yang berposko di Polresta Padang, dianugerahi penghargaan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolresta Padang, Kombes Yulmar Try Himawan, Rabu (1/7/2020).
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 11:53:34 WIB

    Belasan Wartawan Jalani Rapid Tes di RS Bhayangkara Sumbar

    Belasan Wartawan Jalani Rapid Tes di RS Bhayangkara Sumbar HARIANHLUAN.COM - Belasan awak media cetak dan elektronik menjalani rapid tes di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumbar. Kegiatan ini salah satu rangkaian kegiatan dalam peringatan hari jadi Bhayangkara ke 74, Jumat (19/6/2020).
  • Sabtu, 04 April 2020 - 22:03:22 WIB

    Saat Corona, Wali Kota Padang 'Jaga Jarak' dengan Wartawan

    Saat Corona, Wali Kota Padang 'Jaga Jarak' dengan Wartawan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Padang Saat merebaknya virus corona (Covid-19), Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah justru menjaga jarak" dengan wartawan. Bukan bermaksud alergi dengan pers, akan tetapi Wali Kota Padang justru .
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 11:10:31 WIB
    DEWAN PERS KAGUM DENGAN HARIANHALUAN.COM

    Wartawannya Berkompeten (UKW), Fasilitas Kerja Lengkap dan Modern

    Wartawannya Berkompeten (UKW), Fasilitas Kerja Lengkap dan Modern PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sesaat setelah mendarat di Kota Padang, Provinsi Sumbar, Tim Verifikasi Dewan Pers yang diwakili Staff Ahli Dewan Pers Marah Sakti Siregar, dan Kepala Bagian Umum Dewan Pers, Irwan langsung bergera.
  • Kamis, 22 Maret 2018 - 18:22:30 WIB

    Ngopi Bareng ala Marinir Padang, Wartawan Ikut Latihan Menembak

    Ngopi Bareng ala Marinir Padang, Wartawan Ikut Latihan Menembak PADANG, HARIANHALUAN.COM—-Mempererat hubungan silaturahmi, dengan media massa,  Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) II Padang menggelar kegiatan 'ngopi bareng' di Lapangan Tembak, Lantamal II, Bukit Putus,.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]