Tiga Pelajar Harumkan Nama Kepri


Rabu, 27 April 2016 - 02:43:29 WIB

BATAM, HALUAN — Dua siswa dan satu siswi dari SDN 05 Batam Kota berhasil mem­bawa nama Provinsi Kepri di tingkat nasional dalam Piala Gubernur DKI Jakarta di Keju­araan Taekwondo (The Kick Indonesia 2016) digelar di GOR Ciracas, Jakarta pada 15 April-17 April lalu.

Masing-masing mem­bo­yong 2 medali emas, dan 1 medali perak. Mereka adalah Fransiscus Bryan Slash Sina merupakan siswa kelas 5A meraih juara 1 (emas) Pra Kadet U-28, Kelvin Hendrik Hutauruk siswa kelas 5A me­raih juara 1 (emas) Pra Kadet U-45, dan Familia Yolanda siswi kelas 3C meraih juara 2 (perak) Pra Kadet U-34.

Ketiganya sebelum bertan­ding terlebih dahulu digem­bleng di Club Kepri Taekwondo Centre dengan pelatih Ryan Jimmi Siburian. Bahkan untuk memantapkan mereka ryan juga mengkarantini ketiga sis­wa tadi di Training Center Politeknik Batam, dan Mitra Raya.

Ditemui Tim Pendidikan Haluan Kepri di sekolahnya, Senin (25/4), Fransiskus dalam waktu dekat ini akan diikutkan lagi berlaga  di kejuaraan terbuka taekwondo piala Dan­dim Danyon Armed 2/105 pada 30 April-1 Mei 2016 mendatang di Medan.  Fransiskus sendiri mendalami taekwondo ini, karena terinspirasi dari sang ayah bernama Miser yang per­nah ikut olahraga taekwondo.

“Saya lihat ayah mem­per­lihatkan beberapa gerakan dari taekwondo dan melihat dari televisi, ya akhirnya tertarik latihan taekwondo,” ucap si sulung dari 2 bersaudara ini. Tambahnya hingga seterusnya dia akan melakukan latihan hingga menjadi taekwondo profesional kelak.  Sedangkan Kelvin memilih taekwondo sebagai fokus olah fisik karena tertarik sendiri dengan gera­kan-gerakannya pada saat siswa lain latihan.

“Dengan juara ini saya akan lebih memantapkan latihan hingga menjadi atlet taek­wondo profesional,”ucapnya dengan mantap. Apalagi sang ayah Poltak Meny Yohanson Hu­tauruk sangat mendu­kung­nya kegiatnnya itu.

Sementara Familia yang berhasil meraih juara 2, me­milih taekwondo agar bisa menjaga diri dimanapun dia berada. “Pernah dulu saya diganggu oleh seorang anak, jadi saya pilih taekwondo ini supaya kalau ada apa-apa saya bisa jaga diri,”katanya. Untuk olahraga fisik ini, ayahnya bernama Kardi sangat men­dukung, bahkan bila latiha selalu diantar terus.

Pelatih Taekwondo Ryan mengatakan, bahwa dari SDN 05 Batam Kota sudah ada 15 siswa yang mengikuti pelatihan taekwondo. “Karena suport dari sekolah cukup bagus taek­wondo dijadikan sebagai eks­kul, maka siswa disini banyak yang ikut berlatih,”terangnya.

Pada bagian lain Ryan men­ceritakan bahwa Club Kepri Taekwondo Centre sendiri te­lah berdiri sejak 2012, dan berhasil memboyong prestasi dari tahun ke tahun. “Tahun 2013 kita meraih juara umum Porkot Kota Batam, tahun 2014 juara umum Porprov. Selain itu saat kejuaraan di Malaysia dan Jakarta berhasil meraih jura. Untuk sekretariat kami seka­rang berada di Politeknik Ba­tam Centre, dan juga di Mitra Raya, serta di SDN 05 Batam Kota  ini,” katanya.

Kata Ryan, dirinya siap menerima siswa dari semua umur asalkan sudah bisa mem­baca, dan mampu membaca gerakan yang diajarkannya. Karena Ryan tak hanya me­ngajarkan olah bela diri saja, melainkan menyisipkan juga revolusi mental pada anak didiknya  agar olahraga ini bukan untuk jago-jagian dan pamer, namun bisa menjadikan mereka pribadi yang tangguh namun tetap rendah hati.

Pada kesempatan itu Ke­pala Sekolah SDN 05 Batam Kota, Firdaus SPd me­nyam­paikan agar bakat siswa tetap dikembangkan meski hingga sekolah menengah tidak hanya di sekolah dasar saja. “Kita harapkan sekolah menengah juga ikut suport bakat siswa ini  hingga bakatnya berkelanjutan, dan suport yang lain adalah menambah fasilitas untuk siswa latihan taekwondo bila di­perlukan. karena dengan taek­wondo siswa timbul rasa lebih percaya dirinya,” pung­kasnya.(h/cw54)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 April 2019 - 11:27:02 WIB

    Tiga Geopark Sumbar Siap Diajukan Sebagai Global Geopark

    Tiga Geopark Sumbar Siap Diajukan Sebagai Global Geopark PADANG, HARIANHALUAN.COM — Pasca ditetapkan sebagai Geopark Nasional beberapa waktu yang lalu, tiga Taman Bumi atau Geological Park Sumbar, yakni Silokek, Ngarai Sianok-Maninjau, dan Sawahlunto rencananya juga bakal dipersi.
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:01:53 WIB

    Hanya Tiga Puskemas di Riau yang Terakreditasi

    Pekanbaru, Haluan — Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Sjafril menyebutkan hanya tiga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) yang terakreditasi dari 211 puskesmas yang ada di daerah dengan julukan “Bumi Lancang Kun.
  • Kamis, 08 Desember 2016 - 01:04:50 WIB

    Pemko Batam Hentikan Tiga Proyek Pembangunan

    Batam, Haluan — Pemerintah Kota Batam menghentikan tiga proyek pembangunan oleh pihak swasta yang dianggap berpotensi menyebabkan banjir, setelah serangkaian evaluasi yang dilakukan tim khusus..
  • Rabu, 23 November 2016 - 00:47:10 WIB
    KASUS REKENING GENDUT DI DISDIK ROHIL

    Tiga Pejabat Tersangka

    PEKANBARU, HALUAN — Setelah melakukan rangkaian proses penyidikan, penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau akhirnya menetapkan tiga orang tersangka kasus dugaan rekening gendut di Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir.
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 01:33:20 WIB
    SP3 KASUS KEBAKARAN HUTAN

    Tim Investigasi Mabes Polri Sampai di Pekanbaru

    PEKANBARU, HALUAN — Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia diketahui telah mem­bentuk Tim Investigasi terkait pener­bitan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) atas 15 perusahaan yang diduga terlibat kasu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]