Puluhan Warga Terjaring Razia KTP


Rabu, 27 April 2016 - 02:44:42 WIB
Puluhan Warga Terjaring Razia KTP Disduk Batam lakukan razia KTP di SP Plaza.

BATAM CENTRE, HALUAN — Puluhan warga yang tidak memiliki KTP terjaring razia yang digelar Dinas Kependudukan (Dis­duk) Kota Batam di pusat perbelanjaan SP Plaza, Ba­tuaji, Senin (25/4).

Warga yang tidak me­miliki KTP Batam diminta membuat surat pernyataan dan menulis alamat asal serta alamat domisili. Ini dilakukan untuk mendata warga Batam yang belum memiliki identitas dan ke­lengkapan administrasi ke­pendudukan.

Kepala Disduk, Marda­nis, melalui Kabid Pengen­dalian Penduduk, Nurha­sanah, mengatakan razia yang mereka gelar bersama tim terkait ini bertujuan untuk mendata jumlah war­ga yang belum mempunyai KTP.

“Kegiatan ini kita gelar sekali sebulan dan dila­kukan sebanyak sepuluh kali,” ujar Nurhasanah.

Ia juga menyebutkan, razia ini dilakukan di be­berapa titik di Kecamatan Sagulung. Dimana lokasi persisnya, Disduk meminta pihak kecamatan dan kelu­rahan serta RT/RW me­nentukan.

“Razia kita lakukan di tempat keramaian serta kos-kosan,” tutur Nurhasanah. Dikatakan dia, warga yang tidak memiliki KTP Batam diminta membuat surat per­nyataan dan menulis alamat asal serta alamat domisili.

Dari situ kemudian dila­kukan pendataan, dengan memasukkaan data ka­bupaten/kota tempat warga tersebut berasal. Dengan demikian, Disduk akan me­ngetahui mana data yang permanen dan mana yang tidak. Sehingga bisa dike­tahui berapa banyak warga yang bermukim di Batam ini.

“Apabila mereka belum memiliki e-KTP Batam, maka akan diarahkan dan dipandu agar melakukan pengurusan dengan me­minta surat pindah dari­mana warga tersebut bera­sal,” papar Nurhasanah.

Mengenai tindakan, Nur­hasibah belum bisa me­mastikan kapan akan dila­kukan karena masih men­data. Tim terkait yang ber­peran dalam razia ini me­libatkan, TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Sosial (Dinsos), Kecamatan dan Kelurahan. Lurah Tembesi, Siarman mengapresiasi razia KTP yang digelar Disduk Kota Batam sehingga bisa dike­tahui berapa jumlah yang tidak ber-KTP.

“Saya akan siap di depan membantu tim dalam me­razia warga dan menunjuk titik keramaian,” terang Siarman SE.

Ia mengaku sudah ber­ulang kali mengimbau war­ga agar mengurus KTP ka­rena identitas itu sangat diperlukan.

“Kita sesuai arahan dari pimpinan, bahwa pelayanan harus dipermudah bagi war­ga, serta terus mengimbau bahwa setiap warga diwa­jibkan memiliki kartu tanda penduduk,” tutup Siarman. (h/cw56)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 16:10:53 WIB

    Ayo ke Bukittinggi..! Puluhan Bendi Wisata Kini Dipasangi Lampu Hias

    Ayo ke Bukittinggi..! Puluhan Bendi Wisata Kini Dipasangi Lampu Hias BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Guna menambah daya tarik terhadap jasa angkutan tradisonal, Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disaparpora), memasang  lampu hias untuk Bendi Wisata Kota Bukittinggi..
  • Senin, 23 September 2019 - 19:57:18 WIB

    Puluhan Perahu Hias Berlayar di Karnaval Arung Pamalayu Sungai Batanghari

    Puluhan Perahu Hias Berlayar di Karnaval Arung Pamalayu Sungai Batanghari DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Karnaval Arung Pamalayu membuka peringatan hari kemaritiman yang ke-55 di Komplek Candi Pulau Sawah, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat, Senin (23/9)..
  • Sabtu, 09 September 2017 - 01:10:52 WIB

    Puluhan Waria Pekanbaru Terjaring Razia

    Puluhan Waria Pekanbaru Terjaring Razia PEKANBARU, HALUAN - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada Jumat (8/9) dini hari, menggelar razia besar-besaran terhadap aktivitas sejumlah Waria yang kerap mangkal di sepanjang Jalan SM Ami.
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 00:22:05 WIB

    Puluhan Perawat Gelar Unjuk Rasa

    PEKANBARU, HALUAN — Puluhan Tenaga medis dan perawat RSUD kembali mengar aksi demo untuk meminta pertang­gung­jawaban dari Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, yang menyatakan akan mene­rima tuntutan mereka menyetuju.
  • Senin, 21 November 2016 - 00:12:31 WIB

    Sungai Nilo Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir

    Sungai Nilo Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir PANGKALAN KERINCI HALUAN — Sungai Nilo di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau, meluap dan merendam puluhan rumah milik warga. Akibatnya, sejumlah warga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat ter.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]