Kantor Pertanahan Serahkan 33 Sertifikat Aset Daerah


Rabu, 27 April 2016 - 02:54:18 WIB
Kantor Pertanahan Serahkan 33 Sertifikat Aset Daerah BUPATI Agam, Indra Catri menerima 33 sertifikat tanah aset pemerintah daerah dari Plt Kepala Kantor Pertanahan Agam, Maeven Indra. (KASRA SCORPI)

Agam, Haluan — Pe­lak­sana Tugas (Plt) Kepala Kan­tor Pertanahan Agam, Mae­ven Indra, menyerahkan 33 sertifikat aset tanah milik Pemerintah Kabupaten Agam kepada Bupati Indra Catri usai upacara peringati Hari Otonomi Daerah di Halaman Kantor Bupati setempat Senin (25/4).

Ke-33 sertifikat tersebut untuk 14 bangunan sekolah, dua unit Pustu, satu dermaga sungai, dua Puskesri, satu Kantor Camat, tiga UPT Pus­keswan, satu tempat pem­buangan sampah umum, tujuh tempat pembuangan sampah terpadu , balai penyuluhan pertanian satu unit dan pasar ternak satu unit.

Menurut Maeven Indra, setelah diserahkannya ke-33 sertifikat ini, masih ada 45 sertifikat aset Agam yang dalam proses.

“Pensertifikatan aset ini merupakan tindak lanjut dari anjuran pemerintah pusat untuk mesertifikatkan aset tanah milik pemerintah dae­rah dengan tujuan untuk men­jamin adanya kepastian hu­kum, sehingga nilai tanah dapat dihitung serta men­cegah terjadinya perkara seng­keta dengan masyarakat,” kata Maeven.

Untuk memudahkan pem­buatan sertifikat dan agar tidak menimbulkan perseng­ketaan dikemudian hari, ma­sya­rakat yang akan menye­rahkan tanahnya kepada pe­me­rintah agar melengkapinya dengan persuratan yang sah.

Sementara itu Bupati Agam, Indra Catri mengap­resiasi langkah dan kerjasama pemerintah daerah dengan Kantor Pertanahan Kabu­paten Agam dalam upaya percepatan persertifikatan tanah aset milik pemerintah. (h/ks)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]