Seribu Keramba Danau Maninjau Mulai Dibongkar


Rabu, 27 April 2016 - 02:55:09 WIB
Seribu Keramba Danau Maninjau Mulai Dibongkar Wabup Agam, Trinda Farhan ikut ambil bagian dalam proses pembongkaran KJA bersama masyarakat. (DAYAT)

Agam, Haluan — Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria bersama jajaran pemerintah di kecamatan dan masyarakat melakukan pembersihan dengan melakukan pembongkaran keramba Danau Maninjau, di wilayah kenagarian Koto, Nagari Koto Malintang, Selasa (26/4).

Hal ini merupakan bagian komitmen untuk menun­tas­kan masalah pencemaran sa­lingka Danau Maninjau (DM).

Turut hadir dalam kesem­patan itu Camat Kecamatan Tanjung Raya, Hendra Putra, Walinagari Koto Malintang, Nazirudin, tokoh masyarakat Salingka Danau, Nyiak Danau dan beberapa petani KJA, di salah satu KJA milik Hadi, di Jorong Alai, Nagari Koto Malintang. Dalam beberapa pekan ini, sudah seribuan KJA yang berkurang. Termasuk 200 KJA yang akan ditata.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan, mengatakan, Peme­rintah Kabupaten Agam ko­mit­men mengurangi KJA yang ada di Salingka Danau. Peme­rintah sebagai pengontrol dan penyeimbang, berharap, me­lalui goro pembersihan Ke­ram­ba Jaring Apung para petani lainnya juga ikut berim­pati terhadap pelestarian danau.

Menurutnya, pembersihan ini juga bagian dari upaya sosialisasi kepada masyarakat. Sejauh ini kesadaran masya­rakat terus tumbuh untuk pengurangan KJA. Selain itu pemerintah kecamatan, juga dimaksimalkan untuk mem­berikan pemahamanan kepa­da masyarakat.

“Jumlah keramba saat ini lebih kurang seribuan. Peme­rintah komitmen untuk me­nun­taskan masalah pen­ce­maran yang terjadi di danau. Selain karena pakan ikan keramba keramba, faktor pencemaran juga disebabkan faktor lain seperti pembu­angan sampah dan sejenisnya. Pencemaran yang terjadi di Danau Maninjau, jika dibi­arkan tentu akan berakibat fatal,” katanya.

Sementara itu, Walinagari Koto Malintang, Nazirudin, mengatakan, pemerintah na­ga­ri serta masyarakat ber­angsur-angsur sudah memiliki kesadaran menjaga keles­tarian danau Maninjau mela­lui pengurangan. Pembe­rsi­han terus berlanjut  besok akan dilakukan juga pengu­rangan KJA sebanyak 2.000 unit di Jorong Rambai.

“Upaya pembersihan Da­nau Maninjau sangat bagus. Besok direncanakan pem­bersihan pembersama dengan masyarakat dan pem­bu­didaya  Jorong Rambai, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik,” katanya. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Juni 2020 - 11:32:02 WIB

    Seribuan KK di Lubuk Gadang Selatan Belum Mendapatkan BLT

    Seribuan KK di Lubuk Gadang Selatan Belum Mendapatkan BLT HARIANHALUAN.COM - Sekitar 1.000 Kepala Keluarga (KK) di Nagari Lubuk Gadang Selatan (LGS) Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan (Solsel) tidak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari berbagai skema yang ada. .
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:09:38 WIB
    AKHIR TAHUN TUNTAS

    Program Seribu Jamban Mulai Dikebut

    PASBAR, HALUAN — Pemerintah Pasaman Barat mulai mengejar target 2,5 bulan untuk mensukseskan seribu jamban dan sambungan listrik masyarakat miskin dalam anggaran 2016 ini. Untuk mencapai target tersebut, Pemda bekerja sama .
  • Kamis, 29 September 2016 - 02:12:06 WIB

    Seribu Talempong Pacik Siap Pecahkan Rekor MURI

    BATUSANGKAR, HALUAN — Penampilan seribu talempong pacik ikut ambil bagian me­ngiringi lagu-lagu daerah pada acara pembukaan Festival Budaya Minangkabau yang akan digelar di Istano Basa Pagaruyung pada penghujung Oktober m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]