Objek Wisata Pulau Tangah Segera Dikembangkan


Rabu, 27 April 2016 - 02:57:16 WIB

PARIAMAN, HALUAN —  Pemerintah Kota Pa­ria­man akan mengem­bang­kan objek wisata Pulau Tangah, selain objek wi­sata pulau yang ada se­karang.

Hal itu diungkapkan Walikota Pariaman, Mukh­lius R, ketika men­dampingi Kun­jungan Ker­ja Wakil Kepala Kejak­saan Tinggi (Wakajati) Provinsi Sumatera Barat, Irdham,SH,MH di Pulau Angso Duo, Sabtu(23/4).

Pulau tangah memiliki potensi untuk dikem­bang­kan, disana ada telaga, hutannya masih alami da­pat di jadikan kebun bina­tang mini dan tempat ber­main anak seperti selun­curan.

Pengembangan wisata di Kota pariaman diba­ngun secara bertahap na­mun harus tuntas satu persatu, tidak sekali garap semuanya, karena pe­ker­jaan yang demikian tidak dapat dinikmati masya­rakat seutuh­nya.

Sementara Kepala Di­nas Kelautan dan Peri­kanan, Dasril, mem­benar­kan akan dikembang­kan­nya Pulau Tangah, karena Pulau Angso sebenarnya hanya boleh dikunjungi 100 pengunjung per-ha­ri.Dan pengembangan pu­lau tangah sebagai objek wisata yng baru, pengem­banganya dengan konsep yang berbeda.

“Dalam tahun 2016 ini, dibuat konsep pe­ngem­bangannya,” kata Kepala Finas Kelautan Perikanan Kota Pariaman terse­but.

Menurut Wakil Wali­kota Pariaman, Genius Umar, objek wisata Pulau Angso Duo, di samping wisata alam juga wisata sejarah, juga merupakan tempat tinggal para pe­nye­bar Islam di Sumatera Barat.

“Kita lihat kuburan Katik Sangko, kuburan murid-murid Syekh Bur­hanudin, dan sumur tua dengan airnya yang tawar yang dijadikan tempat mandi mereka. Ini bukti sejarah bahwa Islam ma­suk ke Suma­tera Barat pertama kali ke Paria­man,” ujar Genius mene­rangkan Sejarah Kuburan Panjang pada Wakil Ke­jak­saan Tinggi Sumatera Barat, Irdham.

Wakil Kejaksaan Ting­gi, Ir­dham ,SH,­MH, sa­ngat mengapresiasi kebi­ja­kan Pemerintah Kota Pariaman untuk mem­bangun pariwisata.

“Saya sangat senang melihat wisata Kota Paria­man, yang  mantap dan perlu dikem­bangkan,” katanya.

Kepala Kejaksaan Pa­ria­man, Yulitaria, juga mengapresiasi pengem­bangan wisata Kota Paria­man, dan siap mem­pro­mo­sikannya.

“Wisata Kota Paria­man sangat bagus, kita harpkan pemandu wisa­tanya mampu mence­rita­kan  sejarah yang ada pada setiap objek wisata yang dikunjungi, dan saya juga akan ikut membantu mem­promosikan wisata Kota Pariaman,” tutur Kajari.

Kunjungan kerja Wa­kajati selama dua hari itu, dari tanggal 22-23 April 2016 itu didampingi  Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pariaman, Yulitaria, Kepala DKP, Dasril, dan sejumlah pejabat di ling­kungan Pemko terse­but.(h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]