Pemko Kembangkan Kelapa Genjah


Rabu, 27 April 2016 - 02:57:50 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, pemerintah Kota Pariaman mengembangkan program pelestarian   tanaman kelapa genjah.

Tanaman kelapa dengan umur 2,5 tahun sudah ber­buah itu, adalah jenis kelapa rendah untuk konsumsi ke­lapa muda. Tanam ini cocok ditanam pada lahan pe­karangan di lingkungan ru­mah.

“Kita ajak masyarakat tambah kegiatan usaha de­ngan tanaman pekarangan tanaman kelapa rendah atau genjah,” kata Sekretaris Dinas Pertanian Kota Paria­man, Dewi Sastra kepada Haluan, Kamis (21/4).

Program ini baru perta­ma kali dilaksanakan de­ngan jenis kelapa genjah tersebut. Bibit yang dib­erikan ke masyarakat se­banyak 2.500 buah, siap tanam.

Masyarakat yang men­dapatkan bibit itu setelah pengajuan proposal ke di­nas, dan juga sudah disurvey lokasinya oleh dinas.

Sampai saat ini hanya dua desa yang paling mak­simal mendapatkan dis­tri­busi bantuan kelapa gen­jah itu. Desa tersebut adalah Pasia Sunua dan Pasia Talu­ak, masing-masing dapat distribusi 200 buah.

Banyaknya distribusi bantuan kelapa genjah yang diterima masyarakat di desa tersebut, berdasarkan pro­posam yang diajukan warga atau kelompok masyarakat yang masuk ke dinas.

Kelapa yang khusus un­tuk petikan kelapa muda tersebut diestimasi dapat meningkatkan pendapatan masyarakat karena harga buah kelapa yang bagus.

Sekarang harga buah kelapa untuk kelapa muda di batang, paling rendah Rp1.700/buah, namun ke­lapa genjah bisa produksi pada usia 2,5 tahun jelas dalam perawatan yang baik dengan perlakuan tanaman sesuai kaedahnya.

Kalau dulunya banyak orang tanam kelapa dengan pola tiga M, yaitu menanam, memetik dan menjual, tentu dengan kelapa genja tidak demikian halnya, selain tiga perlu juga pemupukan, pe­ra­watan dan pemeliharaan secara baikhinga ke panen dan menjualnya ke kon­sumen.

Kelapa dengan pohon induk berasal dari Kota Pariaman itu dengan reko­mendasi Dinas perkebunan Provinsi Sumtera Barat di­ha­rap berjalan sesuai sa­saranya. Kita berharap ke masyarakat penerima ban­tuan kelapa genjah untuk merawatnya tanaman terse­but sesuai kaedahnya se­hingga hasil yang diperoleh nantinya sesuai dengan yang diharapkan.

Progaram ini baru per­tama kali dilakukan, kata Dewi didampingi KasiBina Produksi Ismadi. Kelapa tersebut dapat berbuah se­panjang tahun dengan masa produktif yang cukup lama.(h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]