Pemerintah Diminta Tingkatkan Beasiswa 3T


Rabu, 27 April 2016 - 02:59:19 WIB

JAKARTA, HALUAN —Pe­me­rintah diminta me­ning­katkan bantuan beasiswa bagi para pelajar dan maha­siswa yang berada di daerah 3T (Terluar, Terpinggir, dan Tertinggal). Permo­honan­nya ini juga diperuntukkan bagi kalangan swasta yang selama ini memberikan bantuan.

Direktur Politeknik Nu­sa Utara (Polnustar) Sa­ngi­he, Sulawesi Utara, Frans G. Ijong mengungkapkan, lembaganya masih mem­butuh­kan banyak bantuan dari pemerintah dan kelom­pok usaha swasta.

“Kami, institusi pen­didikan tinggi,  yang berada di daerah 3 T ini sangat membutuhkan tambahan bantuan beasiswa dari pe­merintah (Bidik Misi) dan swasta,” kata Frans.

Pada kesempatan itu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Me­­n­ristekdikti) Mohamad Na­sir mengatakan, pe­me­rintah sebenarnya telah mem­beri­kan beasiswa Bidik Misi dan berbagai skema lainnya. Beasiswa Bidik Misi itu jumlahnya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Ini skema yang harus dimanfaatkan oleh per­guru­an tinggi, baik negeri mau­pun swasta,” ujar Nasir dal­am keterangan ter­tulisnya, Minggu (24/4).

Nasir juga menyatakan, perguruan tinggi se­harusnya mempunyai nilai lebih agar dapat memiliki kom­peten­si  dalam menghadapi Ma­sya­rakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dia mencontohkan Politeknik Maritim Indo­nesia (Polmarin) yang telah menjalin kerja sama dengan Jerman.

Potensi pendidikan ke­ma­ri­timan, menurut Men­ristekdikti, sangat terbuka lebar. Hal ini karena Indo­nesia merupakan negara maritim terbesar di dunia. Namun, dia melanjutkan, hasil tangkapan ikannya masih berada di urutan ke­tiga di  Asia Tenggara. Oleh karena itu, institusi seperti itu perlu terus berupaya meningkatkan kualitas su­m­ber daya manusia (SDM) di bidang kemaritiman. (h/rol)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]