Derwati, Pemilik Serundeng Rozzaaq

Usia Tua Bukan Halangan untuk Berbisnis


Rabu, 27 April 2016 - 03:01:44 WIB

PADANG, HALUAN — Se­mangat Derwati (64) dalam berbisnis patut dipuji dan ditiru. Meski sudah berusia lanjut, semangatnya untuk menjalankan usaha tak per­nah kendur. Gerakannya masih lincah dan gesit. Mes­ki dibantu seorang putera­nya, ia juga ikut langsung memasak bermacam maka­nan ringan, antara lain ka­cang atom, serundeng ubi jalar, stik wortel, dan kue akar kelapa. Serundeng bua­tan­nya ia beri nama Serun­deng Rozzaaq.

Wanita kelahiran Ma­nin­jau ini memasak serun­deng dua kali seminggu. Sekali memasak, 50 kg se­run­deng siap jual. Serun­deng itu ia kemas dalam plastik dengan berat 1,5 ons. Harga jual serundeng itu Rp80.000 per kg.

Selain membuat serun­deng, Derwati juga mem­buat kacang atom. Ia mem­buat kacang atom dua kali seminggu dengan jumlah produksi 100 bungkus (ke­ma­san). Kacang atom itu ia kemas dalam bungkus de­ngan berat 2 ons. Kacang atom itu ia jual dengan harga jual Rp50.000 per kg.

Derwati juga membuat ubi ungu, yang dibuatnya 120 bungkus dalam satu kali produksi. Berat ubi ungu per bungkus dua ons. Harganya jualnya Rp50.000 per kg.

Adapun steak wortel yang juga ia buat, rata-rata ia buat 160 bungkus per minggu, dengan isi per bung­kus dua ons, dan harga jual Rp50.000 per kg.

“Saya juga menerima pesanan kue-kue lebaran dan kue kotak. Saya dibantu dua orang pekerja, disam­ping seorang putera saya sendiri,” ujar Derwati di rumahnya di Jl. Pirus V No. 110 Pengambiran Ampalu, Kecamatan Lubuk Bega­lung, Padang, awal April 2016.

Beragam jenis kue bua­tan isteri Arsil, pensiunan kantor  Dinas Sosial Sumbar ini sudah ada tempat pe­nam­pungannya, mulai dari mini market hingga  pusat penjualan oleh-oleh khas Sumbar terkenal di kota Padang. “Pemasaran tak ada masalah,” ujar Derwati, mengaku hanya tamat SMP.

Sebagian besar pengu­saha kecil kesulitan menda­patkan tambahan modal. Namun tidak demikian hal­nya dengan Derwati.  Kalau kurang modal, ia bisa men­dapatkan pinjaman di kope­rasi karena ia aktif di kope­rasi,. Apalagi, ia menjadi anggota empat koperasi, yaitu Koperasi Ikaboga Pa­dang, KJKS Pengambiran Ampalu, anggota koperasi Christine Hakim dan ang­gota koperasi Masjid Mu­baraqah Pengambiran.

Derwati memang suka memasak dan membuat kue. Pada 1973, saat ia tinggal di  rumah dinas di Transito Ulak Karang, ia sudah me­mu­lai membuat kue basah. Kemudian ia pindah ke Pe­rum­nas Pengambiran pada 1992. Derwati men­cerita­kan, ke­tika itu anaknya baru satu orang, jadi ia memiliki ba­nyak waktu untuk ber­kreasi. Ia membuat beragam kue ba­sah, mulai dari bak­wan, re­soles, pastel, kue lapis, dan lainnya.

Derwati harus bangun tidur pada dini hari karena mesti membuat banyak kue dengan berbagai macam. Ia benar-benar sibuk. Selain membuat kue sendiri, ia juga mengantar sendiri kue-kue itu ke kedai-kedai.

Selain itu, Derwati juga melayani pesanan. Pesanan­nya banyak kalau mengha­dapi hari raya Idul Fitri. Jenis kue pun berbeda dari hari-hari biasa.

Pada 1997, Derwati ber­hen­ti membuat kue semen­tara karena berkonsentarsi  mengurus keluarga dan anak-anak. Pada 2003, ia memulai  lagi dengan pro­duk yang berbeda. Kalau sebelumnya ia berfokus pa­da beragam jenis kue basah, kali ini ia mengutamakan kue-kue kering.

Produk perdananya di babak kedua usaha Derwati adalah kacang atom, yang diawalinya dari 10 gantang kacang. Setelah diolah, ka­cang atom itu ia bungkus kecil-kecil dan ia titipkan di warung-warung terdekat. Satu bungkus kacang atom ia jual dengan harga eceran Rp500. “Alhamdulillah, la­ris,” katanya. (h/rb)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 22:01:04 WIB

    Ada Aturan New Normal, Usia 50 Tahun ke Atas Dilarang Lakukan Ini

    Ada Aturan New Normal, Usia 50 Tahun ke Atas Dilarang Lakukan Ini HARIANHALUAN.COM - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto merilis aturan bagi New Normal bagi karyawan di tengah pandemi COVID-19. Kebijakan itu tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tent.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 07:45:11 WIB

    Arab Saudi dan Rusia 'Tarik Urat', Harga Minyak Dunia Melorot

    Arab Saudi dan Rusia 'Tarik Urat', Harga Minyak Dunia Melorot EKONOMI, HARIANHALUAN.COM -- Harga minyak mentah dunia kembali melorot pada perdagangan Senin (9/3), waktu AS. Penurunan harga minyak menjadi yang terbesar sejak Perang Teluk 1991. Pemicunya tak lain, perang harga produsen ut.
  • Senin, 20 Januari 2020 - 16:46:34 WIB

    Pendiri Ritel Raksasa dari Negeri K-Pop Tutup Usia, Ini Gurita Bisnisnya

    Pendiri Ritel Raksasa dari Negeri K-Pop Tutup Usia, Ini Gurita Bisnisnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pendiri ritel raksasa asal Korea Selatan (Korsel) Lotte Group, Shin Kyuk-ho, tutup usia. Namanya sangat tenar di kalangan dunia usaha. Dirinya merupakan salah satu konglomerat terbesar dan terkenal.
  • Senin, 20 Januari 2020 - 14:32:20 WIB

    Seminar Produk Bio Nerve Disambut Antusias Peserta

    Seminar Produk Bio Nerve Disambut Antusias  Peserta PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM--PT. Bio Nerve Indonesia Berjaya adakan acara seminar Produk Bio Nervee untuk memperkenalkan produk kapsul ajaib kepada masyarakat Pasaman Barat yang bertempat di Gedung Latifa, Jarul 32, Ming.
  • Kamis, 26 Desember 2019 - 18:20:29 WIB

    Tarif Super Irit Ojol Rusia yang Bikin Geger

    Tarif Super Irit Ojol Rusia yang Bikin Geger JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Maxim, adalah salah satu penyedia jasa ojek online di Indonesia. Kemunculan ojol dengan identitas kuning terang ini sempat bikin geger. Pasalnya, Maxim berani pasang tarif lebih murah dari dua raks.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]