Kerajinan Daerah Diharapkan Tembus Pasar Dunia


Rabu, 27 April 2016 - 03:02:37 WIB

BATUSANGKAR, HALUAN — Produk kerajinan daerah di­harapkan mampu memberi warna dalam kancah persaingan nasional dan mampu menembus pasar dunia. Para perajin di daerah diharapkan dapat me­ningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden RI Yusuf Kalla dalam sambutannya saat membuka Inacraft 2016 di Jakarta Con­vention Center (JCC), Jakarta beberapa waktu lalu. Tanah Datar yang juga mengikuti pa­meran itu mengangkat materi Tenun Pandai Singkek, Sulaman Benang Emas Sungayang, Bor­diran Salimpaung dan Lima Kaum, serta Sulaman Kapalo Samek.

“Kami ingin menjadikan suatu produk yang menghasilkan nilai tambah ekonomi dan pen­dapatan, Karena itu, dibutuhkan produk yang sesuai dengan selera  pasar, penyesuaian sele­ra itu bisa dengan mengubah warna sehingga sesuai dengan tren di pasar dunia.” ujar Kalla.

Kalla mengingatkan para pengusaha kerajinan tidak ber­puas diri dengan hasil kerajinan yang diproduksi. Sebab, untuk menembus pasar global, di­perlukan peningkatan kualitas sehingga bisa bersaing dengan produk dari negara lain.

Selain kualitas, Kalla juga meminta para pengusaha ke­rajinan untuk mencermati per­siapan harga dan kecepatan waktu pengiriman. Bila itu dilakukan, ia yakin produk kerajinan Indoneisa bisa ber­saing di pasar Internasional.

“Di sini disebutkan dari desa ke pasar dunia. Artinya, jangan berpikir tentang kesukaan kita, berpikir tentang kesukaan orang, itu baru bisa jadi pasar dunia,” tutur Kalla.

Pada kesempatan itu, Kalla memberikan apresiasi terhadap ke­beradaan stan Tanah Datar yang menampilkan berbagai ke­rajinan seperti Tenun Pandai Sing­kek, Sulaman Benang Emas Sungayang, Bordiran Sa­lim­­paung dan Lima Kaum, serta Su­­laman Kapalo Samek. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 18:57:12 WIB

    Dekranasda Kota Padang Ditantang Hasilkan Kerajinan yang Berdaya Saing

    Dekranasda Kota Padang Ditantang Hasilkan Kerajinan yang Berdaya Saing PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menaruh harapan besar kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Walaupun satu, dua produk yang dihasilkan, tetapi unggul sehingga Kota Padang punya.
  • Jumat, 22 April 2016 - 04:05:43 WIB
    Inacraft 2016 di Jakarta

    18 Daerah di Sumbar Pamerkan Kerajinan Tekstil

    JAKARTA, HALUAN — Ke­cuali Kabupaten Kepulauan Mentawai, semua daerah di Sumatera Barat (Sumbar) memamerkan kerajinan tek­s­til di Inacraft 2016 di Ja­karta. Melalui pameran kerajinan terbesar di In­donesia, Dinas Kope.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]