Produk UMKM Pariaman Rambah Pasar Luar Negeri


Rabu, 27 April 2016 - 03:03:40 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Produk UMKM Kota Pariaman, seperti Sulaman, Bordir dan Rajutan, sudah merambah pasar luar negeri, seperti Malaysia, Singapura dan Brunai.

Kepala Dinas Koperasi Industri dan Per­dangangan (Koperindag) Kota Pariaman, Gus­niyeti Zaunit mengatakan, penjualan hasil produk UMKM ke luar negeri itu masih dalam partai kecil, terutama melalui kenalan-kenalan.

“Pengiriman secara partai besar, sampai saat ini memang belum dan hal tersebut perlu persiapan matang, sehingga proses dagang dari produsen kepada konsumen untuk ke luar negeri secara kuota bisa terpenuhi,” ujarnya kepada Haluan, Selasa (25/4).

Di Kota Pariaman, kata Gusniyeti, sampai saat ini ada ribuan UMKM dengan produk usaha beragam, ada bordiran, sulaman dan rajutan, serta kuliner dalam bentuk makanan ringan sebagai oleh-oleh dari Kota Pariaman.

Dalam memajukan produk UMKM, pemerintah terus membantu dengan paket-paket pelatihan, pengemasan produk dan peningkatan kualitas produk, melalui beragam bentuk produk, misal dari rajutan taplak meja, meningkat rajutan ke pakaian dengan design yang sesuai selera pasar.

“Sudah ada pelaku UMKM yang memproduksi pakaian yang berkolaborasi dengan rajutan, sering ditampilkan di pameran-pameran yang digelar tidak hanya di Kota Pariaman, tapi juga di acara-acara tingkat nasional di Jakarta,” tutur Gusniyeti.

Selain itu produk-produk UMKM juga ditam­pilkan di galeri-galeri yang ada, termasuk pada kedai dan toko produsen itu sendiri.

“Kami sudah melakukan langkah-langkah untuk menembus pasar yang lebih luas dengan tidak meninggalkan pasar lokal,” tambahnya. (h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 15:11:26 WIB

    Lewat IA-CEPA, Bea Masuk Produk Indonesia ke Australia Jadi 0%

    Lewat IA-CEPA, Bea Masuk Produk Indonesia ke Australia Jadi 0% HARIANHALUAN.COM – Indonesia dan Australia menyepakati akses perdagangan antara kedua negara. Diharapkan Indonesia di Australia memanfaatkan implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 12:01:31 WIB

    Sumbar Targetkan Produksi Beras 3 Juta Ton per Tahun

    Sumbar Targetkan Produksi Beras 3 Juta Ton per Tahun HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menjelaskan, bahwa Sumbar merupakan salah satu dari 17 Provinsi penyangga produksi pada Nasional, untuk mendukung swasembada pangan yang berkelanjutan..
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 15:10:24 WIB

    Tunjang Produktifitas Kerja, Pabrik Kertas Telur di Payakumbuh Naik Daya ke 197 Ribu VA

    Tunjang Produktifitas Kerja, Pabrik Kertas Telur di Payakumbuh Naik Daya ke 197 Ribu VA HARIANHALUAN.COM – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh melakukan launching pengoperasian listrik tambah daya untuk pabrik kertas telur Sarilamak pada Senin (15/06) di Payakumbuh, Sumbar. Pabrik Kertas Te.
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 15:00:52 WIB

    Produksi Mobil Anjlok Hingga 97%, Ini Penyebabnya

    Produksi Mobil Anjlok Hingga 97%, Ini Penyebabnya HARIANHALUAN.COM - Saat pandemi virus Corona (COVID-19), banyak pabrik otomotif yang terpaksa ditutup sementara. Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga pasar yang cenderung lesu membuat pabrikan otomotif men.
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 06:37:50 WIB

    Sejumlah Produk Digital Kena Pajak 10% Mulai 1 Juni, Apa Saja?

    Sejumlah Produk Digital Kena Pajak 10% Mulai 1 Juni, Apa Saja? HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengingatkan kembali masyarakat terkait rencana pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) atas pembelian produk dan jasa digital dari pedagang atau penyelenggara perdagangan m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]