Pessel Produksi Beras Bermerek Lokal


Rabu, 27 April 2016 - 03:12:29 WIB

PAINAN, HALUAN — Rice milling (gilingan padi) mod­e­ren di Ke­ca­matan Lu­nang mem­produksi b­e­ras be­me­rek lo­kal. Ke­ma­san atau ka­rung yang di­de­sain m­erek lokal itu be­rtujuan agar be­ras asal Pessel le­bih dikenal di luar daerah.

Camat Lunang Mukhtar Is Jumat (26/4) menyebutkan, selama ini yang terjadi justeru beras asal Pessel dijual atasnama daerah lain.”Hal ini tentu merugikan kita sebagai penghasil beras,” katanya.

Dia menyebutkan, mesin gilingan padi Lunang, akan menjadi pusat pengolahan padi pasca panen di Pesisir Selatan. Di sini nanti akan keluar beras merk dagang Pessel untuk selanjutnya dilempar ke pasar dalam kabupaten atau ke luar kabupaten.

Terpisah, Wakilbupati Pessel Rusma Yul Anwar menyebutkan, diharapkan kedepan beras Pessel punya nama sendiri dan tidak dimainkan merek dagang lainnya. Gilingan padi senilai Rp10 miliar ini memiliki banyak keunggulan, selain dapat menggiling padi dengan cepat juga mampu menampung produksi padi se Pesisir Selatan untuk diolah.

Disebutkannya, keberadaan gilingan padi modern ini sangat penting bagi Pessel mengingat daerah itu segera mewujudkan peningkatan produksi padi yang jauh lebih besar. Dan peningkatan produksi itu perlu didukung mesin gilingan besar.

Selanjutnya Kepala Dinas Pertanian Pessel Afrizon Nazar menyebutkan, daerah tersebut memiliki luas sawah 30.344 hektare dan terluas di Sumbar.

Dari jumlah itu 20.834 hektare beririgasi, 8.834 lahan tadah hujan, 356 pasang surut dan 320 lahan lebak. Sementara produksi padi selama lima tahun belakangan terjadi peningkatan. “Tahun 2015 ini produksi padi sebesar 299.200 ton, meningkat 7,9 persen dari tahun 2013 lalu yang hanya mencapai 26.272 ton,” katanya.

Untuk mencapai tambahan target produksi padi 85 ribu ton di Pessel, TNI juga menggelar operasi militer non perang. Terkait hal itu jajaran Kodim 0311/PSS turunkan seluruh kekuatan untuk mendampingi petani.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh (BKPP) Pessel Emirda Zizwati menyebutkan, kebutuhan beras di Pesisir Selatan dalam setahun sekitar 59 ribu ton. Berdasarkan angka itu ketahan pangan Pessel cukup baik jika dibandingkan dengan produksi beras Pessel. (h/har)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]