Puting Beliung Hantam Nagari X Koto


Rabu, 27 April 2016 - 03:13:55 WIB

Solok, Haluan — Hujan disertai angin kencang menghantam sejumlah Nagari di Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Senin (27/4)malam.

Akibat fenomena alam ini sejumlah pohon di ping­gir jalan bertumbangan, dan rumah warga porak po­ran­da. Meski tidak ada kor­ban jiwa, namun setidaknya  rumah warga yang ada di Jorong Sikumbang, Nagari Sumani, dan Jorong Kasik Nagari Koto Sani rusak di­hantam angin puting be­liung. Dari data yang di himpun Haluan di kantor kecamatan X Koto Sing­karak menyebutkan untuk jorong Sikumbang sekitar 17 rumah warga terdiri dari 17 Kepala Keluarga (KK), 66 jiwa, dengan perician rusak berat 6 rumah warga, rusak sedang, 7 rumah, ru­sak ringan 6 rumah, serta dua pasilitas umum, seperti Madrasah Tsanawiyah Mu­ham­madiyah (MTsM) Su­mani dan gedung KUD di nagari setempat. “Se­men­tara di kawasan Jorong Ka­sik, Nagari Sumani, ada sekitar 28 rumah warga terdiri 39 KK, 126 jiwa, terdiri rusak berat, 11 ru­mah, rusak ringan 5 rumah, 2 tenda milik BPBD Kab. Solok yang dipasang untuk bencana banjir bandang dulu juga porak poranda akibat bencana angin ken­cang ini,” kata camat X Koto Singkarak Irwan Effendi, Selasa (26/4).

Musibah ini praktis mem­buat warga setempat di­rundung kecemasan, ka­rena angin kencang sewaktu-waktu kembali menerjang di daerah setempat saat musim hujan seperti ini. “Kami masih takut jika sewaktu-waktu puting be­liung kembali melanda. Karena pada beberapa wak­tu lalu daerah ini juga di­lan­da oleh bencana banjir ban­dang,” kata Basri (67) warga nagari Sumani.

Kejadian itu juga mem­buat masyarakat keteteran. Karena fenomena alam ini yang juga melanda beberapa daerah lain di Kabupaten Solok ini, terjadi ketika masyarakat masih sedang sibuk menjalani aktivitas, atau sekitar pukul 17.00 - 21.00 wib.” Kejadian terjadi saat warga tengah sibuk menjalankan shalat magrib. Kejadian ini juga membuat listrik padam,” katanya.

Hendra (30) warga lain­nya menambahkan, angin badai yang menerjang k­a­wasan itu, menurutnya tidak hanya sekadar disertai hujan lebat, namun juga diikuti hujan es. Dimana ditengah turunnya hujan, bu­liran es tampak jelas bertaburan di halaman rumah. Mewaspai hal-hal buruk, anggota ke­luarganya pun disarankan untuk tidak keluar rumah. “Suaranya cukup me­nge­rikan, setelah bertahun-tahun, baru kali ini kembali datang angin kencang yang disertai hujan es,” jelas Hendra.

Terkait musibah itu, pemkab Solok melalui BPBD setempat beberapa saat setelah kejadian lang­sung turun ke lokasi keja­dian untuk mendata dan memberikan pertolongan kepada warga yang ditimpa bencana ini. “ Saat ini kita masih melakukan upaya tanggap darurat terhadap warga yang ditimpa bencana angin puting beliung ini,” kata Sekretaris BPBD kab. Solok Soni Sondra melalui selulernya. ( h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 06 April 2016 - 14:28:00 WIB
    Nagari Tigo Koto Berduka

    Sembilan Rumah Diterjang Putingbeliung

    PADANG PA­RIA­MAN, HA­LUAN — Sedikitnya 9 unit rumah masyarakat di Nagari Tigo Koto Aur Malintang, Kecamatan IV Koto Aur Malintang Padang Pariaman, rusak akibat diterjang angin putingbeliung yang terjadi, Senin (4/4 ) se.
  • Kamis, 11 Februari 2016 - 11:34:01 WIB
    Belasan Murid Terluka

    Puting Beliung Rubuhkan Bangunan TK

    Puting Beliung Rubuhkan Bangunan TK Julukan Sumbar sebagai daerah supermarket bencana benar-benar terbentang di awal tahun 2016 ini. Gempa, banjir, longsor hingga angin puting beliung datang silih berganti. Tetap waspada menjadi kata kunci .
  • Rabu, 04 November 2015 - 19:27:41 WIB

    Banjir dan Puting Beliung Landa Bukittinggi

    BUKITTINGGI, HALUAN — Hujan lebat dan angin puting beliung melanda Kota Bukittinggi, Rabu (4/11). A.

  • Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:23:14 WIB

    Puting Beliung Sapu lima Rumah di Agam

    AGAM, HALUAN — Setidaknya, lima unit rumah semi permanen di Jorong Lubuk Alung, Kenagarian Bawan Ke.

  • Rabu, 22 Juli 2015 - 18:29:02 WIB

    Angin Puting Beliung Landa Danau Kembar

    SOLOK, HALUAN — Dua wilayah di Sumbar, Kabupaten Solok dan Limapuluh Kota dilanda bencana angin puti.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]