Kekurangan Ruang Belajar dan Guru

SMKN 3 Pariaman Butuh Bantuan Pusat


Rabu, 27 April 2016 - 03:16:14 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pariaman mengalami kekurangan ruang belajar dan guru.  Dengan target me­nam­pung 1.000 siswa, sekolah ini harus mengajukan bantuan ke pusat agar mendapatkan bantu­an pendanaan untuk pe­nam­bahan ruang kelas baru (RKB).

Kepala SMKN 3 Pariaman, Rafuddin kepada Haluan, Selasa (26/4) men­jelas­kan, pihaknya sudah mengajukan proposal ke pemerintah pusat yang meliputi tiga unit RKB, dua unit ruangan penunjang praktek dan 10 unit rehab sedang. 

“Kita sudah ajukan proposal itu pada awal April 2016. Kondisi sekarang, ruangan yang kita miliki masih kurang. Dengan target 1.000 siswa dengan 27 ruang kelas yang dimiliki itu belum bisa. Kita terus manfaatkan peluang untuk bisa membangun kekurangan ruangan belajar siswa, sampai target itu tercapai,” katanya.

Terkait tenaga pendidik, untuk jurusan tehnika kapal penangkap ikan masih terjadi kekurangan. Tenaga pendididk yang ada hanya empat orang, sementara standar kebutuhan paling rendah tenaga pendidik adalah sembilan orang.

Dalam mengatasi serba kekurangan tersebut, pihak sekolah mengatasinya dengan bantuan tenaga pendidik dari jurusan lain, tapi punya kolerasi dengan teknika yang hingga saat ini masih ber­jalan. Selain itu, dengan memanfaatkan MoU melalui prakerin, kekurangan pengajar juga teratasi.

“Namun kita tetap menagjukan usulan penambahan tenaga pendidik di bidang ilmu ini ke dinas pendidikan,” tambah Rafuddin.

Selain guru, SMKN 3 Pariaman yang memiliki 675 siswa ini, juga mengalami kekurangan ruang praktek. Hal ini dialami  jurusan nautika, yang hanya memiliki dua ruangan yaitu navigasi dan menjangka peta. Seharusnya ruangan untuk jurusan ini terdapat tujuh ruangan praktek.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pariaman, Kanderi, ketika dihu­bungi terkait pengajuan proposal dari SMK Negeri 3 Pariaman tersebut, menga­takan, pihaknya sudah menindaklanjuti permintaan ini ke pusat.

SMKN 3 Pariaman sendiri memiliki enam kompetensi kejuruan. Yaitu re­kayasa perangkat lunak, teknik komputer jaringan, nautika kapal penangkap ikan, teknika kapal penangkap ikan, agribisnis perikanan, dan teknik pendingin tata udara. (h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 16:08:59 WIB

    Anggota DPRD Sumbar, Firdaus Jaring Aspirasi ke SMKN 1 Sintoga

    Anggota DPRD Sumbar, Firdaus Jaring Aspirasi ke SMKN 1 Sintoga PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN - Aggota DPRD Sumbar Firdaus lakukan reses pertama 2020 di SMKN 1 Sintoga Padang Pariaman, dalam rangka menjaring aspirasi di di daerah pemilihanya. Dalam kunjungan itu, pihak sekolah menyampaikan.
  • Kamis, 19 Desember 2019 - 16:46:57 WIB

    Bulan Bakti PDKB, PLN UIW Sumbar Mengajar di SMKN 1 Bukittinggi

    Bulan Bakti PDKB, PLN UIW Sumbar Mengajar di SMKN 1 Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat menggelar kegiatan PDKB Mengajar di SMKN 1 Bukittinggi (19/12)..
  • Senin, 22 Januari 2018 - 02:17:23 WIB

    Mantan Kepala SMKN 2 Sawahlunto Divonis 18 Bulan

    Mantan Kepala SMKN 2 Sawahlunto Divonis 18 Bulan SAWAHLUNTO, HALUAN - Mantan Kepala SMKN 2 Sawahlunto, Hasdiono divonis bersalah dalam sidang perkara korupsi pembangunan gedung sekolah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Padang, Jum’at (19/1)..
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 01:07:51 WIB

    Cakak, SMKN 2 Bagaleboh

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Ketenangan proses be­lajar mengajar di SMK Ne­geri 2 Payakumbuh, Rabu (21/12) siang berubah men­cekam. Siswa buncah, guru juga terlihat panik. Sejumlah polisi bahkan mendatangi sekolah kebanggaan wa.
  • Rabu, 09 November 2016 - 00:08:42 WIB

    Empat Tahun Berdiri, SMKN 1 Pancung Soal Tak Tersentuh Listrik

    PAINAN, HALUAN - Empat tahun sejak berdirinya SMKN 1 Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), belum mendapat aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Padahal untuk kegiatan proses belajar mengaj.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]