Tanjung Jabung Timur Terapkan Pendidikan Gratis


Rabu, 27 April 2016 - 03:17:53 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Dharma wanita Persatuan Unit Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, berkunjung ke Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Sabtu (23/4).

Kabupaten yang dime­karkan tahun 1999 itu, tengah  menggenjot pembangunan pendidikan untuk mengejar ketertinggalannya.

Keterangan Ketua DP Unit Disdik Payakumbuh, Murni Hasan Basri, Selasa kemarin, berdasarkan eks­pos Kadis Pendidikan Tan­jung Jabung Timur, Feri Marjoni, pembangunan di bidang pen­didikan, di berlakukan Pem­kab Tan­juang Jabung dengan me­laksanakan pendidikan gra­tis untuk semua tingkatan yang berkualitas.

“Tidak ada pungut pu­ngutan dalam ben­tuk apa­pun,” katanya.

Menurut Murni Hasan Basri, Feri Marjoni meru­pakan putra Luhak Agam yang dipercaya menjadi Kadis Pendidkan Tanjab Timur, di daerahnya dari 220 ribu jiwa penduduk Tanjab Timur, ter­catat 47.000 orang siswa siswi untuk seluruh tingkatan de­ngan jumlah guru sebagai tenaga pendidik sebanyak 2.500 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh, Hasan Basri Sy, terpisah mengatakan, Paya­kumbuh berbeda dengan Tan­jab Timur dalam masalah memajukan pendidikan. Di Payakumbuh, pimpinan dae­rah tidak setuju dengan pen­didikan gratis, karena ke­terlibatan orangtua dalam membiayai pendidikan itu untuk memotivasi agar anak­nya serius mengikuti pen­didikan.

Kalau orang tua ikut berpartisipasi baru begini hasilnya, bagaimana kalau di gratiskan, tentu para pelajar akan seenaknya dalam me­ngikuti PBM. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]