Banjir Terjang Lundar, 45 Rumah Terendam Lumpur


Rabu, 27 April 2016 - 03:22:10 WIB

Pasaman, Haluan — Musibah banjir yang membawa material lumpur pasir menghantam Jorong Lundar, Nagari Panti Timur Pasaman Minggu (10/4) malam. Sekitar 45 rumah warga direndam lumpur.

Menurut informasi yang Haluan peroleh, hujan yang seharian melanda kawasan Panti mengakibatkan banjir yang membawa material pasir mengakibatkan satu rumah cukup parah dan puluhan lainnya terkena imbas pasir. Peristiwa itu sendiri terjadi pada malam hari sekitar pukul 21.00 Wib. Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun keru­gian dari peristiwa belum bisa ditaksir.

Saat ini warga setempat hanya berusaha mem­ber­sihkan genangan lumpur pasir di rumah masing-masing yang dibantu oleh petugas BPBD Pasaman.

Kepala Bidang Keda­ruratan dan Logistik BPBD Pasaman Elvi Wardi mem­benarkan, dalam peristiwa banjir 45 rumah warga se­tem­pat hanya dimasuki lum­pur pasir setinggi lutut orang dewasa, satu rumah mengalami rusak berat. Pi­haknya saat ini hanya me­nangani pembersihan ru­mah warga. Tidak ada tang­gap darurat. Namun dalam peristiwa banjir itu menga­kibatkan pipa air milik pamsimas putus total, se­hing­ga air bersih yang biasa disalurkan untuk masya­rakat setempat terhenti. Sementara itu Camat Panti Jon Wilmar waktu dihu­bungi Haluan lewat telepon selulernya tidak bisa dihu­bungi, kendati telepon selu­lernya masih aktif. Sung­guhpun begitu banjir di Jorong Lundar sebelumnya sudah pernah terjadi bebe­rapa waktu lalu, sehingga masyarakat setempat ter­pak­sa meningkatkan kewas­padaan jika hujan terjadi di daerah itu. (h/tos)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]