Pendaftar IAIN IB Padang Membludak


Rabu, 27 April 2016 - 03:40:57 WIB

PADANG, HALUAN — Minat peserta calon mahasiswa untuk kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang yang tinggal seminggu lagi terus membludak. Data statistik yang dihimpun melalui email SPAN-PTKIN.ac.id per tanggal 26 April 2016, pen­daftar sudah mencapai 7.305 orang. Angka tersebut diperkirakan bakal terus naik.

IAIN Imam Bonjol sebagai lembaga pen­di­dikan tinggi Is­lam tertua di Ranah Minang untuk wilayah Sumatera, me­nempati urutan keempat dari 55 PTKIN se-In­donesia. 

Warek I Bi­dang Akademik dan Pe­ngem­bangan Lembaga Ik­hwan Matondang kepada wartawan, Selasa, (26/4) di ruang ker­ja­nya, me­nga­ta­kan, proses penerimaan calon mahasiswa untuk jalur Se­leksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) tahun ak­a­demik 2016/2017 ini, me­m­berikan gambaran bakal terpenuhinya kuota pe­ne­ri­maan mahasiswa baru IAIN IB sebanyak 3.400 ora­ng. Meskipun demikian, IA­IN masih memiliki jalur lain dalam penerimaan ma­ha­siswa baru.

“Masih ada dua jalur lagi seperti Ujian Masuk (UM-PTKIN) dan UM Mandiri yang bakal di­bu­ka. Khusus untuk ujian masuk, pe­ne­ri­ma­­an calon mahasiswa baru akan dilaksanakan sesuai agenda nasional mulai 1 Mei hingga 30 Juni 2016. Sedangkan untuk jalur ujian mandiri akan dilaksanakan 20 Juni hingga 2 Juli 2016,” terang Ikhwan.

Berbicara jumlah pe­mi­nat untuk calon mahasiswa baru ini, ia mengatakan peminat terbanyak berada di jurusan jurusan Manajemen Perbankan Syariah pada Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) dan Pen­didi­kan Agama Islam pada Fa­kultas Tarbiyah. Sementara untuk jurusan lain seperti di Fakultas Adab dan Hu­maniora, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fa­kultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin be­rada pada angka rata-rata.

Di sisi lain, untuk ka­tegori Institut Agama Islam Negeri (IAIN), pada jalur SPAN-PTKIN, tambah Ik­­hwan, IAIN Im­am Bonjol Pa­dang peminatnya menempati uru­tan pertama de­ngan jumlah 7.305 orang. Kh­usus untuk Fa­kultas Us­hu­lu­d­din, Adab dan Da­kwah (FUAD) untuk ber­hasil menempati posisi ke­tiga setelah UIN Araniri Aceh dan UIN Medan (Sumut).

Menyikapi banyaknya peminat anggota ma­sya­rakat untuk mengikuti per­kuliahan di IAIN IB Padang tahun akademik 2016/2017, Ikhawan melihat lembaga ini masih dipercaya.

“Apalagi kita punya 26 jurusan atau prodi dan da­lam waktu dekat proses alih status dari institut ke uni­versitas akan bisa di­wujud­kan. Langkah ini jelas bisa mempengaruhi minat alum­ni madrasah aliyah, pondok pesantren dan tamatan SM­A untuk wilayah Sum­bar dan provinsi tetangga se­perti Sumut dan Riau plus Kepri dan Provinsi Be­ngkulu,” terang Ikhwan.

Kata kunci semua itu akan bisa terwujud, kata Warek I, adalah dengan memberikan layanan mak­simal dari tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kepen­didikan (administrasi) ter­hadap mahasiswa.

“Layanan itu salah satu bagian yang perlu di­sem­purna­kan agar terwujud sebagai lembaga Zona In­tegritas (ZI), Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wi­layah Birokrasi Bersih Me­layani (WBBM) yang telah dicanangkan secara resmi oleh Rektor Eka Putra Wir­man, Senin, (18/4) di kam­pus Lubuk Lintah,’’katanya. (h/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 27 Januari 2020 - 20:40:32 WIB

    Wako Sampaikan Tiga Ranperda, Salah Satunya Terkait Pendaftaran Usaha Pariwisata

    Wako Sampaikan Tiga Ranperda, Salah Satunya Terkait Pendaftaran Usaha Pariwisata PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan nota penjelasan Wali Kota Padang terkait usulan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemk.
  • Kamis, 10 November 2016 - 01:10:00 WIB
    PRESIDEN UNDANG 17 ORMAS ISLAM KE ISTANA

    FMM Buka Pendaftaran Aksi Bela Islam III

    PADANG, HALUAN — Forum Masyarakat Minang (FMM) berjnaji akan terus menggiring kasus Ahok yang telah melakukan penistaan terhadap Alqur an. Hal ini dibuktikan dengan mulai dibukanya pendaftaraan bagi seluruh umat Islam untuk.
  • Jumat, 23 September 2016 - 03:10:17 WIB

    Hari Ini, Pendaftaran Calon Sekda Ditutup

    PADANG, HALUAN — Tepat pada Jumat (23/9) pukul 16.00 WIB sore ini, pendaftaran calon Sekretaris Daerah Kota Padang resmi ditutup. Hingga Kamis (22/9), Panitia Seleksi (Pansel) sudah menerima berkas dari 7 orang pendaftar..
  • Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:29:52 WIB

    Universitas Tamansiswa Masih Buka Pendaftaran

    Universitas Tamansiswa  Masih Buka Pendaftaran PADANG, HALUAN — Uni­versitas Tamansiswa Padang menargetkan 600 mahasiswa baru untuk semester kali ini. Pendaftaran untuk mahasiswa baru telah dibuka semenjak 16 Mei 2016 dan saat ini masih berlangsung hingga 27 Agustus me.
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 07:35:18 WIB

    Besok, Pendaftaran Magister Ilmu Komunikasi Unand Ditutup

    Besok, Pendaftaran Magister Ilmu Komunikasi Unand Ditutup PADANG, HA­LU­AN — Penerimaan pendaftaran seleksi calon mahasiswa Reguler Program Magister Ilmu Ko­mu­ni­kasi FISIP Un­a­nd Padang tahun ajaran 2016-2017 gelombang ke III, akan berlangsung dari 25-29 Juli 2016 mendat.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]