Hindari Macet dengan Mengakses ATCS


Rabu, 27 April 2016 - 03:41:14 WIB

PADANG, HALUAN—Ke­majuan teknologi informasi bila dimanfaatkan dengan baik, pastinya akan mem­permudah pekerjaan. Salah satunya adalah untuk me­ngetahui kepadatan arus lalu lintas pada lokasi rawan macet yang akan dilewati.

Sebab sejumlah ruas jalan dan persimpangan di Kota Padang, terkenal rawan ma­cet. Apalagi pada jam sibuk, saat pagi hendak ke sekolah atau ke kantor, siang ketika pulang sekolah dan petang saat semua orang berlomba ingin cepat sampai di rumah.

Masyarakat dapat me­nge­tahui kepadatan lalu lintas pada sejumlah titik per­sim­pangan di Kota Padang de­ngan memanfaatkan smart­phone. Akses website pa­dang.marktel.co dan pilih opsi live streaming. Selanjutnya, pilih persimpangan jalan yang ingin dilewati. Nanti akan terlihat tayangan kondisi arus kendaraan di lokasi tersebut.

“Kita memasang Area Traf­fic Control System (AT­CS) pada sejumlah persim­pangan jalan Kota Padang yang dilengkapi kamera. Jika sudah mengetahuinya, ten­tunya dapat dihindari titik-titik macet tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Padang, Rudy Rinaldy.

Namun, lanjut Rudy, tu­juan uta­­ma ATCS ini untuk me­ngop­timalkan kinerja jari­ngan jalan me­lalui pengaturan lampu lalu lin­tas. Kepadatan yang tak ter­kendali dapat diatur dari ru­ang kontrol secara manual, sekaligus juga menerjunkan petugas di lapa­ngan jika dibu­tuhkan.

“Selain itu, rekaman AT­CS juga dapat digunakan sebagai bukti kronologis dan penyebab kecelakaan yang terjadi di seki­tarnya. Karena tak dipung­kiri, persimpangan jalan tak hanya rawan macet tetapi juga rawan kecela­kaan,” terang Rudy.

Melalui ruang kontrol ini juga, Komandan Regu ATCS Asdimon, mengamati arus lalu lintas, Selasa (26/4) siang. Sejumlah persimpangan jalan terlihat ramai oleh lalu lalang kendaraan. Tetapi tidak me­nyebabkan kemacetan.

“Dari sini, kita juga bisa berkomunikasi dengan pe­ngen­dara yang berhenti di lampu merah, meng­ingat­kan mereka jika berhenti dengan mengambil jalur orang lain. Jadi biasanya kita suruh saja belok kiri saja. Jika bandel, maka petugas akan turun ke la­pangan,” ka­tanya.

Ada 23 titik per­simpangan dan ruas ja­lan rawan macet yang di­pa­sang ATCS ini, di­an­ta­ra­nya simpang Poltabes, Simpang Kan­dang, simpang A Yani, simpang PDK (Dinas Pen­didikan), simpang Telkom, simpang Alang Lawas, sim­pang Sawahan, sim­pang Wa­hidin, Simpang Haru, simpang Adabiah, simpang Alai, sim­pang DPRD, simpang Basko. (h/vie)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 14:40:24 WIB

    Mulai Senin, Kendaraan Masuk ke Padang Dibatasi untuk Hindari Corona

    Mulai Senin, Kendaraan Masuk ke Padang Dibatasi untuk Hindari Corona PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna memperlambat penyebaran Covid-19, Pemko Padang segera mempersempit jalur kendaraan yang masuk terutama jalur-jalur masuk menuju pusat kota. Persempit jalur masuk ke kendaraan ke Kota Padang di.
  • Jumat, 10 Maret 2017 - 11:03:08 WIB

    Ada Demo Sambil Bakar Ban, Hindari By Pass Depan Balaikota

    Ada Demo Sambil Bakar Ban, Hindari By Pass Depan Balaikota PADANG, HARIANHALUAN.COM--Puluhan massa memblokir jalan By Pass Padang tepatnya di depan Balaikota Padang, Jumat (10/3). Aksi tersebut dilakukan sebagai protes klaim tanah antara kaum maboet dan lehar..
  • Sabtu, 03 September 2016 - 17:12:29 WIB

    Warga Padang, Hindari Ruas Jalan ini

    Warga Padang, Hindari Ruas Jalan ini Macet mengular di sana. Ratusan kendaraan terjebak. Tak nampak polisi mengatur jalan..
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 04:43:59 WIB
    WAGUB: ASN TAK PERLU CEMAS

    Kepala Daerah Harus Putar Otak Hindari Tumpang Tindih di SOTK Baru

    Kepala Daerah Harus Putar Otak Hindari Tumpang Tindih di SOTK Baru PADANG, HALUAN — Rencana Pemerintah se-Sumatera Barat untuk menciutkan dan memisahkan SKPD setelah adanya PP No. 18 tahun 2016 dan UU No. 23 tahun 2014, diharapkan tidak membuat kegalauan bagi para Aparatur Sipil Negara (AS.
  • Rabu, 11 Mei 2016 - 04:55:34 WIB

    Hindari Inflasi, Antisipasi Harga Komoditas Utama

    Hindari Inflasi, Antisipasi Harga Komoditas Utama PADANG, HALUAN — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyampaikan, laju inflasi di Sumbar relatif fluktuasi, namun bersyukur di tahun 2015 capaian inflasi Sumbar terendah nasional..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]