Usia Bayi 0-60 Hari

Akte Kelahiran Gratis dan Langsung Jadi


Rabu, 27 April 2016 - 03:42:51 WIB

PADANG, HALUAN — Me­ngurus akte kelahiran saat bayi berusia 0-60 hari, gratis dan langsung jadi. Demikian dikatakan Kabid Pelayanan dan Catatan Sipil Dinas Ke­pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, Rahima Thaib pada Haluan, Selasa (26/4).

“Namun, jika terlambat atau lebih dari itu akan dike­nakan denda keterlambatan pengurusan akte kelahiran ini sebesar Rp50 ribu,” ujarnya.

Dikatakannya, jika dalam UU pengurusan akte kela­hiran waktu pembuatannya bisa  sampai 14 hari kerja, sekarang Disdukcapil Kota Padang bisa mengeluarkannya hanya dalam tiga hari paling lama apabila usia bayi masih 0-60 hari.

Ia juga mengatakan rumor mengenai kepengurusan akte kelahiran yang rumit selama ini dengan biaya sampai ratu­san ribu rupiah itu sangat tidak benar.

“Apabila hal tersebut ter­ja­di di tengah masyarakat, maka mereka telah menjadi korban dari calo.

Padahal jika masyarakat ta­hu tentang pengurusan yang be­nar, bisa buktikan sendiri bah­wa untuk akta kelahiran itu gratis dan bisa selesai da­lam tiga hari,” kata Rahima lagi.

Dijelaskannya, untuk pe­ngu­rusan akta kelahiran ha­nya membutuhkan dokumen berupa surat keterangan kehi­langan dokumen dari pihak kepolisian, fotocopy Kartu Keluarga (KK), Fotocopy KTP, dan mengisi formulir.

Pada 2014, diterbitkan 12.870 akte kelahiran, 2015 berjumlah 22.321 akte dan 2016 target 22.000 akte bisa kelahiran.

Ia juga mengatakan dalam pengurusan akte ini tidak bisa diduga apakah bisa mencapai target atau tidak karena bia­sanya pengurusan akte ke­lahiran akan ramai pada mo­men tertentu saja.

Seperti dibukanya lowo­ngan untuk pendaftaran Po­lisi, PNS, TNI maupun BU­MN. Sedangkan diwaktu-waktu lain bisa dikatakan cukup sepi.

“Ramainya masyarakat mengurus Akta Kelahiran pada saat pendaftaran polisi, TNI, PNS dan BUMN saja. Bisa sampai ribuan orang yang mengurus akte kelahiran di sini.

Namun, di luar waktu ter­sebut, hanya puluhan orang saja setiap harinya datang untuk mengurus akte kela­hiran,” tuturnya. (h/mg-ang)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Februari 2020 - 17:55:39 WIB

    Edi Hasymi : Nilai-nilai Bela Negara Harus Jadi Karakter Generasi Muda

    Edi Hasymi : Nilai-nilai Bela Negara Harus Jadi Karakter Generasi Muda PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pembina Forum Bela Negara Sumbar Kolonel (Purn) Amir Syarifuddin meresmikan Sekretariat DPD Forum Bela Negara Kota Padang di Jalan Batang Ombilin Blok J No. 23 Kelurahan Kampung Lapai Kecamatan Nan.
  • Rabu, 19 Desember 2018 - 11:01:36 WIB

    Kawasan Wisata Masih Dijadikan Praktek Maksiat

    Kawasan Wisata Masih Dijadikan Praktek Maksiat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang diharapkan tegas memberantas praktek maksiat, yang berkembang di sepanjang kawasan wisata. Hal itu diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang, Dewi Susanti..
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:54:15 WIB

    Sosialisasi Akte Kematian Gencar di Gunung Pangilun

    PADANG, HALUAN—Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara gencar melakukan sosialisasi akte kematian yang masuk pada “Program Padang Melayat”..
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:31:10 WIB
    KULIAH UMUM STIH-STISIP PADANG

    Perguruan Tinggi Fondasi Pembentukan Karakter

    Perguruan Tinggi Fondasi  Pembentukan Karakter PADANG, HALUAN — Dalam rangka meningkatkan pemahaman serta ilmu pengetahuan di bidang hukum terhadap generasi muda terutama di kalangan mahasiswa untuk bisa diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat dan ling­kungan kerja. .
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:52:58 WIB

    Januari Hingga Juli 2016, 13.769 Akte Kelahiran Diterbitkan

    Januari Hingga Juli 2016, 13.769 Akte Kelahiran Diterbitkan PADANG, HALUAN — Sejak Januari hingga Juli 2016, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang menerbitkan 13.769 akte kelahiran. Menurut Kasi Kelahiran Pengakuan dan Pengesahan Anak Arifwan, angka kelahi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]