Masa Pembagian Berakhir

Dana PKH Masih Bisa Cair


Rabu, 27 April 2016 - 03:50:37 WIB

PADANG, HALUAN — Pembagian dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama 2016, sudah berakhir 25 Maret kemarin. Namun demikian Keluarga Sangat Miskin (KSM) masih bisa mengambilnya.

Kabid Bantuan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Padang, Apedisnita mengatakan bagi KSM yang belum sempat mengambil bantuan PKH hingga batas jadwal berakhir, agar melapor dahulu ke Dinas Sosial.

“Dinas Sosial masih melayani KSM dengan syarat si penerima melaporkan diri terlebih dahulu ke Dinas Sosial,” kata Apedisnita kepada Haluan, Selasa (26/4).

Pelaporan itu penting agar tidak terjadi salah komunikasi dengan pihak Kantor Pos, selain juga menghindari adanya ketimpangan data nantinya.

“Para KSM yang ingin mengambil dana bantuan PKH, datang dulu ke Dinsos.Nanti dari Dinsos, akan dibantu oleh pendamping PKH sampai dana bantuan diberikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor POS Kota Padang, Fedyan Syahputra yang dikonfirmasi secara terpisah, Senin kemarin mengatakan tak ditemui kendala dalam penyaluran bantuan.

Dikatakannya hingga Sabtu (23/4) kemarin,  pihaknya telah membagikan dana PKH sebesar Rp 4,813 Miliar kepada 4.940 KSM penerima.

Sedangkan total anggaran dana PKH sebesar Rp4,945 Miliar dengan total penerima 5.085 orang.

“Sampai Sabtu kemarin, masih ada 145 KSM lagi yang belum mengambil dana bantuan PKH. Namun tadi pagi saat saya meninjau pembagian dana di hari terakhir ini, sudah ada ratusan KSM yang mengantri. Mudah-mudahan semuanya selesai di hari ini,” kata Fedyan.

Ia juga mengatakan belajar dari pengalaman pembagian dana PKH yang lalu, biasanya penerima bantuan hanya tersisa sekitar belasan KSM.

“Bagi mereka yang belum mengambil, akan diberi kelonggaran untuk mengambil dana bantuan ini asalkan ada pendamping PKH dari Dinsos.

Kami akan memfasilitasi para KSM yang akan mengambil dana bantuan walaupun jadwal pembagian tahap I ini berakhir. Asalkan ada pendamping PKH dari Dinsos,” kata Fedyan lagi.

Fedyan juga mengatakan dalam waktu dekat ini, sebanyak 1.589 KSM di Mentawai juga akan menerima dana bantuan PKH dengan total bantuan sekitar Rp 1,5 Miliar.

Namun, dana ini belum bisa dicairkan karena kantor Pos masih berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Koordinator pendamping dari Kabupaten Mentawai tersebut.

“Ada sebanyak 1.589 KSM di Kabupaten Mentawai nantinya akan menerima bantuan dana PKH ini dengan total bantuan sekitar Rp 1,5 Miliar.

Penyaluran bantuan ini akan kita lakukan setelah semua urusan telah selesai dengan Dinas Sosial dan Koordinator pendamping di Kabupaten Mentawai,” kata Fedyan lagi.

Ia juga menyampaikan untuk pengambilan dana bantuan PKH di Mentawai, para KSM bisa langsung ke lima Kantor Pos yang tersebar di Mentawai yaitu Kantor Pos Sikabaluan, Tua­pejat, Sioban, Siberut dan Sikakap. (h/mg-ang)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]