25 April Sampai 8 Mei

30 Ribu KKS Distribusikan


Rabu, 27 April 2016 - 03:53:00 WIB
30 Ribu KKS Distribusikan Ratusan warga berdesakan mengambil Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kantor Pos, Jalan Bagindo Aziz Chan, Padang, Selasa (26/4). (RIVO SEPTI ANDRIES)

PADANG, HALUAN — Mulai 25 April sampai 8 Mei 2016 ini, Kantor Pos Cabang Padang mulai mendistribusikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Ini merupakan bagian dari Program pemerintahan Presiden Joko Widodo yang mengganti Kartu Perlin­dungan Sosial (KPS) men­jadi KKS.

Kepala Kantor Pos Ca­bang Padang, Fedyan Syah­putra pada Haluan, Selasa (26/4) mengatakan ada se­kitar 30 ribu penerima KKS di Kota Padang.

“Sejak  25 April 2016, kami sudah membuka pela­yanan penukaran kartu KPS menjadi Kartu KKS untuk tahap pertama. ,” kata Fe­dyan di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, penu­karan kartu KPS menjadi KKS ini ditujukan untuk mempermudah warga mis­kin untuk mendapat ban­tuan dari pemerintah.

Dulu dengan kartu KPS warga miskin mendapatkan bantuan dalam bentuk ras­kin dan Bantuan Siswa Mis­kin (BSM), sekarang dengan KKS bantuannya berupa uang dengan transaksi e-mo­ney atau keuangan digi­tal.

“Kartu KKS ini bentuk­nya seperti sim card Hand­phone. Jika ada program bantuan pemerintah, si pe­ne­rima bantuan KKS bisa mengecek saldo bantuan melalui HP saja.

Tanpa harus jauh-jauh pergi mencari informasi ke Dinas Sosial maupun ke Kantor Pos. Namun, untuk pencairannya dana bantuan tetap diambil di Kantor Pos dengan menunjukkan Kartu KKS,” kata Fedyan lagi.

Disinggung mengenai pe­nukaran tahap kedua, Fedyan mengaku belum bisa menjanjikan kapan waktu­nya. Pasalnya, sisa kartu un­tuk tahap kedua masih dalam proses pencetakan dan bel­um ada informasi kapan selesainya dari pemerintah.

“Kami belum bisa men­jad­­walkan kapan pe­nu­ka­ran kar­tu KPS menjadi kar­tu KKS tahap kedua. Pa­salnya, ma­sih menunggu informasi pen­cetakan kartu tahap ke­dua ini selesai dari peme­rin­tah.

Apabila kartu sudah se­le­­sai dicetak dan ada ins­truksi dari pemerintah, ma­ka kami akan bergerak lagi untuk membentuk tim untuk me­nyampaikan informasi tahap kedua ke rumah-ru­mah pene­rima kartu KKS,” katanya.  Ia juga menga­ta­kan bagi pene­rima KKS yang belum sempat menu­kar­kan kartu bantuan ini sesuai dengan jadwalnya, pihak Kantor Pos akan mem­buat jadwal kem­bali se­te­lah jad­wal tahap I ini bera­khir. (h/mg-ang)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]