Politik Uang, Paslon Kada Didiskualifikasi


Rabu, 27 April 2016 - 03:55:08 WIB

JAKARTA, HALUAN —  Revisi UU Pilkada untuk memenuhi azas keadilan dan kesetaraan bagi calon kepala daerah, baik untuk calon perseorangan atau independen, calon parpol maupun calon petahana atau incumbent.

“Revisi ini sama sekali tidak ada sedikitpun niat untuk diskriminasi bagi semua calon kepala daerah. Justru berangkat dari asas keadilan dan kesetaraan,”  kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Lukman Edy dalam diskusi ‘Polemik Revisi UU Pilkada’ bersama komisioner KPU Juri Ardianto, dan pengamat politik dari Indonesia Public Institute Karyono Wibowo, di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (26/4).

Ia mencontohkan,  soal anggota DPR dan DPD serta DPRD yang harus mundur  jika mencalonkan diri dalam Pilkada. Hal tersebut perlakukan diskriminasi bagi anggota DPR, DPD dan DPRD. “Mereka ini cukup berhenti dari jabatannya sebagai pimpinan alat kelengkapan, tapi tetap sebagai anggota DPR RI seperti diatur dalam UU MD3,” tegas politisi PKB itu.

Dijelaskan, anggota DPR tidak bisa disamakan dengan anggota TNI/Polri dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang harus mundur. “Karena ada UU tersendiri yang melarang mereka untuk berpolitik  praktis. Bagi PNS diatur dalam UU ASN dan begitu juga bagi TNI juga ditegaskan dalam UU TNI,” jelas Lukman Edy. Mengenai persyaratan calon independen, Lukman menjelaskan bahwa sudah ada kesepakatan bahwa harus mendapat dukungan tetap 6,5 % - 10 %, dan bagi calon dari parpol 15 % - 20 %. “Untuk calon perseorangan tetap, cuma verikasi terhadap dukungan harus diperketat,” jelasnya.

Terkait money politics (politik uang) yang sering terjadi antara pasangan calon (paslon) kepada pemilih dan tim sukses paslon kepada penyelenggara pemilu (PPS dan PPK) diberi sanksi yang berat karena selain pelanggaran pidana juga dimasukan sebagai pelangggaran adminstratif.  (h/sam)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]