Tingkatkan Minat Kunjungan

Perpustakaan Kembangkan Inovasi Lewat IT


Rabu, 27 April 2016 - 03:55:55 WIB

PADANG, HALUAN  — Perkembangan tek­nologi informasi yang semakin pesat me­lahirkan beragam alat komunikasi canggih seperti ponsel yang terkoneksi langsung dengan internet, sehingga memudahkan pemakai mengakses dunia maya.

Bahkan, saat ini pe­rang­kat canggih dimaksud tidak hanya digunakan oleh pe­laku bisnis, melainkan telah dipakai oleh anak-anak. Dengan kondisi tersebut, waktu anak-anak tersita lebih banyak tersita untuk bermain game ataupun la­yanan lain yang tersedia dalam ponsel cerdas.

Menurut Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Sumatera Barat Alwis, ke­canggihan teknologi yang telah menyentuh anak-anak dan pelajar, juga berdampak terhadap minat berkunjung ke perpustakaan. Me­nyi­kapi hal tersebut, per­pus­takaan Sumatera Barat me­ne­rapkan teknologi untuk me­narik kembali minat pe­lajar berkunjung ke per­pustakaan.

“Teknologi itu memang mempengaruhi. Untuk itu kita juga menerapkan tek­nologi di perpustakaan un­tuk menarik minat kun­ju­ngan, diantaranya dengan membangun taman digital luar ruang yang me­nye­diakan fasilitas berbasis teknologi, se­perti akses inter­net nir­kabel, dan per­pus­takaan digital,” ung­kapn­ya usai meng­hadiri pela­tihan peng­gelola per­pustakaan, di Pa­dang, Selasa (26/4).

Alwis mengakui, terjadi peningkatan kunjungan ke Perpustakaan Sumatera Ba­rat setelah diterapkan laya­nan berbasis teknologi in­for­matika. Sebelumnya, jumlah kunjungan yang ha­nya 50 sampai 100 orang per hari, kini mampu me­ning­kat menjadi 150 sampai 200 orang per hari.

“Kita memang harus mendorong agar per­pus­takaan menjadi tempat me­nyenangkan bagi anak-anak, menjadi lokasi libu­ran, se­hingga mereka tidak lagi tertuju ke mall. Saat ini, dengan adanya penerapan teknologi, sudah terjadi pe­ningkatan kunjungan khu­susnya hari Sabtu dan Ming­gu,” paparnya.

Alwis menjelaskan, se­lain diperlukan terobosan dari pihak perpustakaan, un­tuk meningkatkan kun­ju­ngan anak dan pelajar ke perpustakaan dibutuhkan peran besar dari orang tua untuk mendorong anak-anak agar rajin membaca sejak dini.

“Literasi sejak dini itu penting. Anak-anak harus dipancing untuk suka mem­baca, bisa dengan me­nge­nalkan anak terhadap gam­bar, sehingga timbul ke­ingin­tahuan dan ke­ter­ta­ri­kan terhadap buku,” je­lasnya.

Alwis menambahkan, melalui ponsel cerdas, anak-anak memang dapat me­ngak­ses beragam tulisan di dunia maya. Akan tetapi isi dan konten tulisan belum tentu sepenuhnya pantas dikon­sumsi oleh anak, serta orang tua akan kesulitan mela­kukan pengawasan ka­rena ponsel bersifat pribadi. Untuk itu, anak-anak tetap harus di­arahkan ke per­pustakaan se­bagai sarana penambah ilmu dan pengetahuan.(h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 19:37:55 WIB

    Pacu Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Gelar Lomba Bercerita

    Pacu Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Gelar Lomba Bercerita PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kota Padang tahun 2020 bertajuk "Tumbuh Kembangkan Gemar Membaca dan Tingkatkan Prestasi Generasi Muda". Lomb.
  • Rabu, 07 November 2018 - 16:05:37 WIB

    Pemko Padang Hadirkan Perpustakaan di Warung

    Pemko Padang Hadirkan Perpustakaan di Warung PADANG, HARIANHALUAN.COM—Guna meningkatkan indeks literasi masyarakat di Padang, pemerintah kota setempat berencana menghadirkan perpustakaan di warung-warung. Pemko Padang melakukan hal itu juga untuk mendekatkan masyaraka.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 12:41:02 WIB

    Badan Perpustakaan Serahkan Penghargaan Literasi

    PADANG, HALUAN — Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Barat menyerahkan penghargaan literasi untuk lem­baga serta perorangan dengan berbagai jenis kategori..
  • Senin, 23 Mei 2016 - 17:37:41 WIB
    Anggaran Ditangguhkan

    Koleksi Perpustakaan Belum Bisa Ditambah

    PADANG, HALUAN — Pem­prov Sumbar terkendala m­e­nambah buku koleksi per­pustakaan umum (khususnya Perpustakaan Nagari atau Per­pustakaan Rumah Ibadah) di kabupaten/kota di Sumbar, karena pemerintah pusat sudah 3 tahun.
  • Senin, 09 Mei 2016 - 16:42:17 WIB

    Perpustakaan Umum Sumbar Berikan Dua Layanan untuk Masyarakat

    Perpustakaan Umum Sumbar Berikan Dua Layanan untuk  Masyarakat PADANG, HALUAN -- Saat ini, Perpustakaan Umum Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang dihandle langsung oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Sumbar, melayani para pemustakanya dalam bentuk Layanan Menetap (pemustaka mendekati pe.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]