Tertibkan Destinasi Wisata Tanpa Kekerasan

Gubernur Apresiasi Satpol PP Kota Padang


Rabu, 27 April 2016 - 04:09:57 WIB
Gubernur Apresiasi Satpol  PP Kota Padang GUBERNUR Sumbar Irwan Prayitno bersama Walikota Padang Mahyeldi dan Kepala Satpol PP Kota Padang Firdaus Ilyas. Gubernur mengapresiasi kinerja Satpol PP Kota Padang yang melakukan penertiban tanpa kekerasan, di bawah kepemimpinan Mahyeldi Emzalmi.

PAYAKUMBUH, HALUAN—Gubernur Sumatera Barat Ir­wan Prayitno menekankan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar mak­simal menjaga ketenteraman dan ketertiban umum (tran­tibum) pada destinasi-destinasi wisata. Hal itu supaya tidak terjadi lagi praktik pemalakan dan praktik “pakuak” serta perilaku premanisme lainnya yang berdampak pada buruk­nya citra pariwisata daerah.

Menurut Irwan, peran Sat­pol PP dalam mengamankan destinasi wisata di Sumatera Barat sangat penting karena saat ini perhatian besar Peme­rintah Daerah, Kabupaten/Kota tengah dititikberatkan pada pariwisata guna menun­jang per­cepatan peningkatan kesejah­teraan masyarakat.

“Perhatian besar kita saat ini adalah pada pariwisata yang diharapkan dapat meng­gerak­kan peningkatan kesejahteraan mas­yarakat. Sedangkan Satpol PP memegang peran penting untuk mengamankan destinasi yang ada,” sebut Gubernur Irwan usai menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-66 dan Satlinmas ke-54 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dipusatkan di Lapangan Pacuan Kuda, Kota Payakumbuh, Selasa (26/4).

Disamping itu, ia juga mengi­ngatkan Satpol PP agar tidak arogan tetapi selalu menguta­makan sikap persuasif dan hu­manis dalam melaksanakan tugas. Terlebih pasukan penegak peraturan daerah ini senantiasa berhadapan dengan masyarakat sehingga rentan terjadi gesekan. “Jangan arogan. Utamakan pen­dekatan persuasif dan humanis agar tidak timbul gesekan dengan masyakat,” tukasnya.

Pada peringatan HUT Satpol dan Linmas tahun 2016 ini, Gubernur Sumatera Barat meng­apresiasi Pemerintah Kabupaten Kota yang telah berhasil melak­sanakan penegakan Perda dan penertiban tanpa kekerasan. Apresiasi berupa piagam peng­hargaan Penegakan Perda dan Penertiban Tanpa Kekerasan ini dinisbatkan kepada Pemerintah Kota Padang yang diterima Wali­kota Padang H. Mahyeldi Datuk Marajo didampingi Kasat Pol PP Firdaus Ilyas.

Walikota Mahyeldi mengung­kapkan, dalam penertiban bebe­rapa kawasan seperti Pasar Raya, penataan Pantai Padang dan penertiban PKL di jalan-jalan protokol di Kota Padang tidak terlepas dari peran Satpol PP yang melaksanakan tugas dengan menggunakan pendekatan per­suasif dan humanis.

“Satpol Kota Padang me­mang selalu diberikan pem­bekalan agar melaksanakan tugas dilakukan dengan pendekatan yang baik. Terlebih di kawasan wisata, mereka harus lebih ramah dan mampu memberikan pela­yanan yang baik disamping de­ngan tegas menegakkan pera­turan,” ujarnya.

Wako Mahyeldi juga menga­mini yang disampaikan Guber­nur Irwan yakni pentingnya pengamanan dan menciptakan ketertiban umum di destinasi wisata. “Ini bagian tugas penting dari Satpol PP, terutama di Kota Padang yang tengah menata obyek-obyek wisata,” tukuknya. (h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]