Kantor Perpustakaan Kenalkan Siswa Budaya Membaca


Rabu, 27 April 2016 - 13:03:50 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN —Se­banyak 88 siswa Taman Kanak Kanak (TK) dan Raudatul Atfal (RA) se-Kota Sawahlunto me­ngi­kuti lomba mewarnai yang digelar oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah setempat, di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK), Selasa (26/4). Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Asrsip dan Perpustakaan daerah Sawahlunto Adriwan diikuti oleh perwakilan 44 TK dan RA.

“Dengan menggambar, di­harap­kan dapat mengembangkan krea­tivitas dan imajinasi generasi muda terutama anak-anak, sesuai dengan bakat yang dimilikinya,” kata Adri­wan kepada Haluan.

Kegiatan ini sebut Adriwan, merupakan agenda rutin dari kantor Arsip dan Perpustakaan daerah Sawahlunto, untuk lebih menge­nalkan keberadaan perpustakaan daerah kepada generasi muda, sehingga minat baca di kalangan usia dini akan tercipta sebagai penambah wawasan dan jendela dunia bagi mereka. Pesertanya merupakan utusan masing masing TK dan RA yang diwakili oleh satu siswa putra dan satu siswi putri.

“Selain mewarnai, kita juga meng­gelar perlombaan bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD), lomba puisi tingkat SMP, dan Lomba Pidato Bahasa Inggris tingkat SMA, ditam­bah dengan lomba resensi buku, penilaian pengunjung tealdan dan perpustakaan sekolah,” ungkapnya.

Dia menambahkan, perlombaan ini dilakukan secara berjenjang, dimana untuk tingkat kota nantinya akan mewakili Sawahlunto diajang perlombaan serupa di tingkat pro­vinsi. Agenda rutin ini lanjutnya, diharapkan mampu menjadi peng­gerak masyarakat terutama generasi muda, untuk lebih suka membaca dan termotivasi untuk berkunjung keperpustakaan dalam menambah ilmu pengetahuan dan wawasannya.

“Tidak sekedar menang atau kalah, tapi intinya para peserta akan termotivasi untuk berkreasi sesuai bakat, serta lebih gemar membaca sebagai pembuka cakrawala dunia melalui buku bacaan yang di­baca­nya,” harapnya. (h/mg-rki)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]