Korban Jalinsum Berjatuhan


Rabu, 27 April 2016 - 14:49:26 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN —  Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Dharmasraya kerusakannya semaki parah, bahkan  banyak lobang menganga sedalam 20 sampai 30 sentimeter suadah menelan banyak korban , terutama pengendara sepeda motor.

Warga yang ada disekitar jalan yang rusak atau lobang yang menganga itu, mem­beri aba-aba dengan mena­nam pisang, hal itu selain me­nyindir pemerintah dan juga untuk memberi aba aba agar pengendara tidak ma­suk lobang yang dapat ter­jadi kecelakaan.”Iya pak kami kasih benda benda agar pe­ngen­dara tidak ter­pe­rosok ke dalam lobang ka­rena sudah ada yang ja­tuh,”ucap salah seorang war­ga Gunung Me­dan, Hen (30), kepada Haluan, Selasa.

Ia mengatakan, seta­hu­nya sejak lobang sudah me­nganga dan tidak di per­baiki, sudah sering terjadi kec­e­lakaan tunggal ter­uta­ma sepeda motor, begitu pula mobil mobil pribadi ada yang patah as atau sumbu.

Menurut pantauan Ha­luan di lapangan, khusus di Kabupaten Dharmasraya, mulai dari perbatasan Jambi dengan Sumbar, tepatnya di Sungai Rumbai sampai ke per­batasan dengan Kabu­paten Sijunjung atau Pulau Punjung, Jalinsum sudah rusak parah dan berlobang cukup dalam.

Memang tidak dipung­kiri, jalan tersebut dipr­o­gram­k­an akan di betonisasi, namun secara keseluruhan tentu dilakukan bertahap, dan kapan program tersebut akan sampai untuk menu­tupi lobang lobang yang sudah siap untuk menerkam mangsanya yaitu pe­ngen­dara khususnya pengendara sepeda motor yang sudah banyak menjadi korban.

Kepala Dinas PU Ka­bu­paten Dharmasraya, Ir. Junedy Yunus, yang dikon­firmasi Haluan lewat telpon selulernya, menjelaskan, bah­wa untuk perbaikan Jalin­sum adalah tanggung jawab pe­merintah pusat dengan APBN dan tidak boleh diper­baiki dengan APBD Ka­bupaten Dharmasraya karena menyalahi aturan.

Namun demikian, selain berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Sumbar seba­gai laporan, ia juga sudah berusaha untuk menambal lobang dengan beton yang diproduksi sendiri.”Untuk sifat sementara kita sudah tambal lobang lobang yang dalam tersebut agar tidak terlalu berbahaya bagi pe­ngen­dara,”kata Junedy Yu­nus, yang disebut sebut akan pindah ke Kabupaten Bu­ngo Provinsi Jambi ini. (h/mdi)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]