Peserta Jamnas Sibuk Latihan


Rabu, 27 April 2016 - 15:05:29 WIB

PADANG, HALUAN—Seluruh Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka kabupaten/kota di Sumbar menyatakan siap mengikuti helat Jambore Nasional (Jamnas), 12-21 Agustus mendatang di Cibubur, Jakarta. Saat ini, semua peserta yang akan ambil bagian dalam iven 5 tahunan itu, tengah sibuk berlatih.

Hal itu terangkum dalam Rakor Gera­kan Pramuka Kwarda 03 Sumbar bersama 19 Kwarcab Pramuka, Selasa (26/4), di Padang. Jika tak ada kendala, Jamnas X tahun ini akan diikuti sekitar 25.000 peserta dari seluruh provinsi di tanah air dan juga pramuka undangan dari sejumlah negara.

Menurut Pimpinan Kontingen Sumbar untuk Jamnas 2016, Yulisman didampingi Andri Yusran, animo para kepanduan sangat  tinggi untuk mengikuti kegiatan ini. Karena seluruh anggota Pramuka sangat menantikan momen ini. Namun sesuai kuota, diperkirakan Sumbar akan mengirim sekitar 900 orang utusan.

Peserta berasal dari seluruh Kwarcab masing-masing 40 orang Pramuka Peng­galang, ditambah pembina dan pimpinan kontingennya. Selain itu, Pramuka Berke­butuhan Khusus juga ambil bagian sebanyak 32 orang. “Peserta Pramuka Berkebutuhan Khu­sus ini tak perlu diragukan lagi kemam­puannya, sangat terlatih dan daya tahan fisiknya sangat mengagumkan,” urai Yulis­man.

Sedangkan Pramuka Penggalang, dido­minasi pelajar SD dan SMP dengan usia 11-15 tahun. Jelang keberangkatan, mereka akan fokus melatih diri terutama untuk beberapa kegiatan yang akan ditampilkan di arena perkemahan. Seperti, memasak kuliner nusantara, penampilan kesenian daerah dan keterampilan lainnya.

Dikatakan, kegiatan Pramuka sangat bermanfaat bagi anak-anak. Bukan karena sekarang jadi ekstra kurikuler wajib di sekolah, tetapi dengan aktif di Pramuka maka keseimbangan tubuh akan terjaga. Di sekolah, siswa dilatih untuk mengeluarkan seluruh kemampuan berpikirnya. Se­dangkan kemampuan bersikap dan olah fisiknya, disalurkan melalui Pramuka. (h/vie)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 13:53:53 WIB

    Fasilitasi Peserta Turun Kelas, BPJS Kesehatan Perpanjang Program Super Praktis

    Fasilitasi Peserta Turun Kelas, BPJS Kesehatan Perpanjang Program Super Praktis HARIANHALUAN.COM -- Sejalan dengan kebijakan relaksasi yang sedang digalakkan oleh pemerintah di tengah masa pandemi, BPJS Kesehatan memperpanjang jangka waktu Program Super Praktis. Perpanjangan jangka waktu ini sebagai sala.
  • Rabu, 28 Agustus 2019 - 23:33:24 WIB

    Sosialisasi Program di Bioskop XXI, BPJSTK Padang 'Nobar' Bersama Mitra Peserta

    Sosialisasi Program di Bioskop XXI, BPJSTK Padang 'Nobar' Bersama Mitra Peserta PADANG, HARIANHALUAN.COM - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang mengadakan nonton bareng (nobar) film Escape Plan 3 : The Extractors karya sutradara John Herzfeld, di Bioskop XXI Plaza Andalas, Rabu (28/8)..
  • Jumat, 07 September 2018 - 12:12:24 WIB

    BAKTI di BLK Padang Membantu Peserta Pelatihan

    BAKTI di BLK Padang Membantu Peserta Pelatihan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Ketersedian internet di era informasi dan teknologi saat ini sangat dibutuhkan, terutama dalam membantu pelayanan masyrakat. Hal inilah dirasakan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Padang..
  • Selasa, 24 Juli 2018 - 14:32:56 WIB

    Cegah Bahaya Narkoba, 304 Peserta BLK Padang Tes Urine

    Cegah Bahaya Narkoba, 304 Peserta BLK Padang Tes Urine PADANG, HARIANHALUAN.COMĀ - Dalam rangka pencegahan dan mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba, BLK Padang bekerja sama dengan BNN Provinsi Sumbar melakukan kegiatan test urin terhadap siswa peserta Pelatihan Berbasis Kompeten.
  • Senin, 26 Maret 2018 - 02:21:10 WIB

    6 Ribu Peserta Ikut Pawai MTQ

    6 Ribu Peserta Ikut Pawai MTQ PADANG, HALUAN- Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Kecamatan Bungus Teluk Kabung di Kayo Aro Bungus Barat didahului dengan pawai taaruf yang semarak, Sabtu (24/3)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]