Dharmasraya Dilanda Banjir dan Longsor


Rabu, 27 April 2016 - 15:33:21 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN —  Hujan lebat semalaman mengguyur Kabupaten Dharmasraya tak kunjung henti – hentinya Senin (25/4) malam, mengakibatkan banjir dan lonsor.

Bencana banjir tersebut kali ini melanda Jorong Aur Jaya, Kenagarian Koto Padang, Kecamatan Koto Baru. Sedangkan, Longsor terjadi di wilayah Kecamatan Koto Besar, tepatnya di Jalan Provinsi antara Nagari Koto Besar, menuju Nagari Koto Ranah. Walaupun tidak ada korban jiwa atas longsor tersebut, namun sempat membuat jalanan macet hampir satu jam.

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Dharmasraya Zilgani, ketika dikonfirmasi wartawan, mengatakan,  terbannya tanah bukit berada di wilayah Kenagarian Koto Besar, akibat tingginya curah hujan melanda daerah itu, sejak sore Senin, hingga Selasa pagi (25/4).  Zilgani menjelaskan, longsong yang membuat macetnya arus jalan, langsung dievakuasi masyarakat setempat dibantu satu unit alat berat milik Koperasi Unit Desa (KUD) Lubuk Karya, untuk membuang atau memindahkan material yang menumpuk di jalan tersebut.

Dari pantauan Haluan di lapangan, alat berat milik KUD Lubuk Karya, dan warga menyingkirkan material. Zilgani sebagai wakil rakyat itu juga langsung turun tangan mengatur lalu lintas, agar kendaraan berjalan dengan lancar.

Di waktu bersamaan, Jorong Aur Jaya, Kenagarian Koto Padang, Kecamatan Koto Baru dilanda banjir, walaupun rumah warga tidak direndam banjir, namun jalan utama menuju pemukiman masyarakat lumpuh total. Sementara, banjir yang melanda wilayah tersebut di akibatkan meluapnya Sungai Rotan di Kenagarian itu.  Hingga berita ini diturunkan, akibat hujan lebat yang me­ngakibatkan banjir itu,sampai sekarang airnya belum juga kunjung surut. Pada pihak Pemkab Dharmasraya atau pihak yang terkait, hen­daknya mampu mengatasi persoalan banjir menjadi momok menakutkan masyarakat selama ini. (h/mg-bdr/mdi)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 Desember 2015 - 03:54:37 WIB

    Ketidaknetralan Ketua KPU Dharmasraya Jadi Pelajaran

    Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jimly Asshiddiqie telah berkali-kali mengingatkan para komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar netral dan independen dalam menjalanka.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]